Mahasiswa UPH Berikan Pelatihan di Desa Wisata Gerabah Sitiwinangun

kataSAPA.com

Cirebon,- Guna mendukung pengembangan desa wisata, Universitas Pelita Harapan (UPH) memberikan pelatihan kepada masyarakat di Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari UPH ini berlangsung di Balai Desa Sitiwinangun selama dua hari, Jumat dan Sabtu, tanggal 11-12 Oktober 2019.

1. Project Mahasiswa Tingkat Akhir

Stephanie Theodora Mulyono, S.ST., M.Par., selaku dosen pembimbing Program Studi Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata Universitas Pelita Harapan mengatakan program pengabdian kepada masyarakat ini dalam rangka project dari mahasiswa Fakultas Pariwisata UPN tingkat akhir.

Mereka tugas akhirnya membuat project, salah satu kegiatannya adalah pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pembekalan kepada masyarakat Desa Sitiwinangun, ujarnya kepada About Cirebon, Sabtu (12/10/2019).

Topik yang diangkat pada project ini, lanjut Stephanie, yaitu pengenalan potensi wisata desa dan juga teknis pemanduan. Karena, kami mengharapkan bahwa masyarakat Desa Sitiwinangun ini bisa mengenal potensi wisata mereka yang nanti pada akhirnya bisa menjadi pemandu.

Jadi, tidak hanya pak Kuwu saja yang selama ini memandu wisata, tetapi akhirnya akan ada SDM-SDM (Sumber Daya Manusia) lain, terutama para pemudanya untuk menjadi pemandu wisata, ungkapnya.

2. Materi Yang Diberikan

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 11-12 Oktober 2019 ini, kata Stephanie, memberikan dua materi, yakni tentang potensi wisata Desa Sitiwinangun.

Kita mengenalkan ada apa saja, karena mereka selama ini mengenalnya hanya gerabah, yang mereka tonjolkan, terang Stephanie.

Padahal, menurut Stephanie, potensi wisata selain gerabah memilik potensi wisata lain seperti tentang kulinernya, kesenian, sejarah, hingga wisata religi.

Kemudian materi yang kedua, lanjut Stephanie, mahasiswa UPH Fakultas Pariwisata tingkat akhir ini memberikan materi untuk menjadi pemandu wisata yang baik.

Selama ini mereka hanya belajar secara otodidak saja. Sehingga kita mencoba ajarkan agar menjadi pemandu wisata yang baik dengan teknis yang benar, bebernya.

3. Dipilihnya Desa Sitiwinangun

Dipilihnya Desa Sitiwinangun sebagai tempat untuk project mahasiswa UPH Fakultas Pariwisata tingkat akhir ini, Stephanie menjelaskan bahwa Desa Sitiwinangun selama ini menjadi salah satu tujuan wisata UPH.

Kami melihat respon dari desa sangat baik, dan dari Pak Kuwu juga sangat terbuka tentang pengembangan-pengembangan wisata, terangnya.

Oleh karena itu, kami tertarik disini menjadi project karena desa sangat terbuka sekali untuk dikembangkan dan mereka punya potensi. Jadi sayang kalau tidak dikembangkan, imbuhnya.

Pihaknya berharap, setelah diberikannya materi-materi terkait pengembangan pariwisata, Desa Sitiwinangun bisa benar-benar menjadi desa wisata yang siap menerima para wisatawan. Tidak hanya dari wisatawan lokal saja, tapi mungkin nantinya wisatawan mancanegara tertarik bisa masuk kesini.

4. Disambut Baik

Sementara itu, Kuwu (Kepala Desa) Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Ratija Brata Manggala menyambut baik dan mengapresiasi kepada mahasiswa Fakultas Pariwisata Universitas Pelita Harapan.

Kami sangat berterima kasih kepada UPH yang sudah memperhatikan pengembangan wisata, khususnya di Desa Wisata Gerabah Sitiwinangun, ujannya kepada About Cirebon.

Lanjut Ratija, dengan diadakannya pembekalan dari UPH ini bisa membantu kepada masyarakat agar mereka memiliki wawasan dalam penyelenggaraan pariwisata desa.

Pembekalan pariwisata ini merupakan yang pertama yang dilakukan oleh perguruan tinggi. Sebelumnya kami belajar sendiri dengan mengambil pengalaman dari kunjungan-kunjungan ke tempat wisata yang lain dan itu kemudian menjadi informasi kemudian kami praktekkan, terangnya.

5. Bisa Mendapat Pembelajaran

Untuk mendorong tingkat kunjungan wisata di desa gerabah Sitiwinangun, kata Ratija, pihaknya sudah menyiapkan, mulai dari infrastruktur, pemberdayaan kepada pengrajin, karena wisata di sini adalah wisata kerajinan dengan ikon kerajinan gerabah.

Itu kami fasilitasi, seperti mengadakan pelatihan-pelatihan pengemban desain , teknologi produksi, dan Alhamdulillah kami mendapat bantuan dari Kemristekdikti berupa teknologi tepat guna dan website, ungkapnya.

Baca Yuk : Desa Sitiwinangun Peroleh Bantuan Teknologi Tepat Guna

Pihaknya berharap, dengan adanya pembekalan ini semua peserta pelatihan bisa mendapatkan satu pelajaran, yang kemudian bisa dipraktekan di lapangan.

Sehingga, penyelenggaraan kegiatan pariwisata di desa bisa memberikan kesan yang mendalam terhadap pengunjung, harap Ratija.

6. Dapat Meningkatkan Kunjungan Wisata

Di tempat yang sama, Camat Jamblang. Drs. H. Abadi, M.Si juga mengapresiasi terkait pembekalan yang diberikan oleh mahasiswa dari UPH ini.

Oleh karena itu, kita harus menpersiapkan SDM mulai dari pengrajinnya yang perlu dikembangkan, dan SDM pemandunya juga kita harus siapkan.

Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, maka SDM yang ada di Desa Sitiwinangun bisa menjadi lebih meningkat, bebernya.

Dan, desa wisata gerabah Sitiwinangun ini juga bisa lebih dikenal lagi dan dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Desa Sitiwinangun, singkatnya. (AC212)

The post Mahasiswa UPH Berikan Pelatihan di Desa Wisata Gerabah Sitiwinangun appeared first on AboutCirebon.ID.

katasapa.com

Diisukan Mantan Intel, Warung Bakso Pak Bagyo Bantul Pakai Nama Lain

katasapa.com

Pelajar dan Mahasiswa Diancam Karena Demo: DO Sampai Intimidasi Seksual

katasapa.com

Juara Asian Games Rajai 76 Indonesia Downhill 2019 di Kudus

katasapa.com

Sejarah Hari Ini: 15 Oktober 1815, Napoleon Bonaparte Diasingkan

katasapa.com

CSB 3on3 Basketball Tournament Open Seri 4 Siap Digelar

katasapa.com

James Milner Puji Jurgen Klopp Kekuatan Terbesar Liverpool

katasapa.com

Prediksi Liechtenstein vs Italia, Kualifikasi Piala Eropa 2020

katasapa.com

Prediksi Swedia vs Spanyol, Kualifikasi Piala Eropa 2020

katasapa.com

Prediksi Aljazair vs Kolombia, Persahabatan 16 Oktober 2019

katasapa.com

Prediksi Rumania vs Norwegia, Kualifikasi Piala Eropa 2020

katasapa.com

Bayern Munchen Enggan Lepas Thomas Muller ke Liverpool

katasapa.com

Tottenham Hotspur Tekad Bajak Target Utama Manchester United

katasapa.com

Barcelona Bidik Bintang Muda PSV Gantikan Luis Suarez

katasapa.com

Liverpool Tambah Semangat Hadapi Manchester United

katasapa.com

N’Golo Kante Kembali ke Kamp Latihan Chelsea

katasapa.com

Simon McMenemy: yang Jadi Masalah Itu Fisik

katasapa.com

Buka Diklat Orientasi DPRD, Sekda Ajak Bersinergi Membangun Banten

katasapa.com

Dituding Macam-macam, Bebby Fey Sindir Atta Halilintar, ‘Duh Sombongnya Orang Ini’

katasapa.com

Manfaat Konsumsi Telur untuk Ibu Menyusui

katasapa.com

Perteta: Mentan Andi Amran Bapak Mekanisasi Indonesia

katasapa.com

Buka Pospeda 2019, Gubernur: Ajang Gali Potensi Santri dari Berbagai Bidang

katasapa.com

Debt Collector Dibunuh Nasabah Sendiri, Kesal Cara Nagihnya

katasapa.com

Debt Collector Dibunuh Nasabah Sendiri, dari Rp40 Juta Jadi Rp150 Juta

katasapa.com

Artis K-Pop Sulli Tewas Bunuh Diri, Diduga Tak Tahan dengan Hujatan di Media Sosial

katasapa.com

Komite I DPD RI Usulkan Pembentukan Pansus Papua

katasapa.com

Perempuan Perekam dan Penyebar Video Penggal Kepala Jokowi Bebas, Negara Dituntut Majelis Hakim

katasapa.com

Diduga Rebutan Biduan, Kru Organ Tunggal Dianiaya

katasapa.com

Sebelum Bunuh Diri, Sulli Sempat Curhat ‘Hidup Saya Sebenarnya Kosong’

katasapa.com

Ciptakan Stabilitas Pertumbuhan Ekonomi, Jabar Perkuat Akselerasi Investasi

katasapa.com

Kasus Kematian Mahasiswa Kendari, Hasil Otopsi Ternyata Tewas Ditembak Polisi