Mahasiswa UPH Berikan Pelatihan di Desa Wisata Gerabah Sitiwinangun

kataSAPA.com

Cirebon,- Guna mendukung pengembangan desa wisata, Universitas Pelita Harapan (UPH) memberikan pelatihan kepada masyarakat di Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari UPH ini berlangsung di Balai Desa Sitiwinangun selama dua hari, Jumat dan Sabtu, tanggal 11-12 Oktober 2019.

1. Project Mahasiswa Tingkat Akhir

Stephanie Theodora Mulyono, S.ST., M.Par., selaku dosen pembimbing Program Studi Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata Universitas Pelita Harapan mengatakan program pengabdian kepada masyarakat ini dalam rangka project dari mahasiswa Fakultas Pariwisata UPN tingkat akhir.

Mereka tugas akhirnya membuat project, salah satu kegiatannya adalah pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pembekalan kepada masyarakat Desa Sitiwinangun, ujarnya kepada About Cirebon, Sabtu (12/10/2019).

Topik yang diangkat pada project ini, lanjut Stephanie, yaitu pengenalan potensi wisata desa dan juga teknis pemanduan. Karena, kami mengharapkan bahwa masyarakat Desa Sitiwinangun ini bisa mengenal potensi wisata mereka yang nanti pada akhirnya bisa menjadi pemandu.

Jadi, tidak hanya pak Kuwu saja yang selama ini memandu wisata, tetapi akhirnya akan ada SDM-SDM (Sumber Daya Manusia) lain, terutama para pemudanya untuk menjadi pemandu wisata, ungkapnya.

2. Materi Yang Diberikan

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 11-12 Oktober 2019 ini, kata Stephanie, memberikan dua materi, yakni tentang potensi wisata Desa Sitiwinangun.

Kita mengenalkan ada apa saja, karena mereka selama ini mengenalnya hanya gerabah, yang mereka tonjolkan, terang Stephanie.

Padahal, menurut Stephanie, potensi wisata selain gerabah memilik potensi wisata lain seperti tentang kulinernya, kesenian, sejarah, hingga wisata religi.

Kemudian materi yang kedua, lanjut Stephanie, mahasiswa UPH Fakultas Pariwisata tingkat akhir ini memberikan materi untuk menjadi pemandu wisata yang baik.

Selama ini mereka hanya belajar secara otodidak saja. Sehingga kita mencoba ajarkan agar menjadi pemandu wisata yang baik dengan teknis yang benar, bebernya.

3. Dipilihnya Desa Sitiwinangun

Dipilihnya Desa Sitiwinangun sebagai tempat untuk project mahasiswa UPH Fakultas Pariwisata tingkat akhir ini, Stephanie menjelaskan bahwa Desa Sitiwinangun selama ini menjadi salah satu tujuan wisata UPH.

Kami melihat respon dari desa sangat baik, dan dari Pak Kuwu juga sangat terbuka tentang pengembangan-pengembangan wisata, terangnya.

Oleh karena itu, kami tertarik disini menjadi project karena desa sangat terbuka sekali untuk dikembangkan dan mereka punya potensi. Jadi sayang kalau tidak dikembangkan, imbuhnya.

Pihaknya berharap, setelah diberikannya materi-materi terkait pengembangan pariwisata, Desa Sitiwinangun bisa benar-benar menjadi desa wisata yang siap menerima para wisatawan. Tidak hanya dari wisatawan lokal saja, tapi mungkin nantinya wisatawan mancanegara tertarik bisa masuk kesini.

4. Disambut Baik

Sementara itu, Kuwu (Kepala Desa) Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Ratija Brata Manggala menyambut baik dan mengapresiasi kepada mahasiswa Fakultas Pariwisata Universitas Pelita Harapan.

Kami sangat berterima kasih kepada UPH yang sudah memperhatikan pengembangan wisata, khususnya di Desa Wisata Gerabah Sitiwinangun, ujannya kepada About Cirebon.

Lanjut Ratija, dengan diadakannya pembekalan dari UPH ini bisa membantu kepada masyarakat agar mereka memiliki wawasan dalam penyelenggaraan pariwisata desa.

Pembekalan pariwisata ini merupakan yang pertama yang dilakukan oleh perguruan tinggi. Sebelumnya kami belajar sendiri dengan mengambil pengalaman dari kunjungan-kunjungan ke tempat wisata yang lain dan itu kemudian menjadi informasi kemudian kami praktekkan, terangnya.

5. Bisa Mendapat Pembelajaran

Untuk mendorong tingkat kunjungan wisata di desa gerabah Sitiwinangun, kata Ratija, pihaknya sudah menyiapkan, mulai dari infrastruktur, pemberdayaan kepada pengrajin, karena wisata di sini adalah wisata kerajinan dengan ikon kerajinan gerabah.

Itu kami fasilitasi, seperti mengadakan pelatihan-pelatihan pengemban desain , teknologi produksi, dan Alhamdulillah kami mendapat bantuan dari Kemristekdikti berupa teknologi tepat guna dan website, ungkapnya.

Baca Yuk : Desa Sitiwinangun Peroleh Bantuan Teknologi Tepat Guna

Pihaknya berharap, dengan adanya pembekalan ini semua peserta pelatihan bisa mendapatkan satu pelajaran, yang kemudian bisa dipraktekan di lapangan.

Sehingga, penyelenggaraan kegiatan pariwisata di desa bisa memberikan kesan yang mendalam terhadap pengunjung, harap Ratija.

6. Dapat Meningkatkan Kunjungan Wisata

Di tempat yang sama, Camat Jamblang. Drs. H. Abadi, M.Si juga mengapresiasi terkait pembekalan yang diberikan oleh mahasiswa dari UPH ini.

Oleh karena itu, kita harus menpersiapkan SDM mulai dari pengrajinnya yang perlu dikembangkan, dan SDM pemandunya juga kita harus siapkan.

Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, maka SDM yang ada di Desa Sitiwinangun bisa menjadi lebih meningkat, bebernya.

Dan, desa wisata gerabah Sitiwinangun ini juga bisa lebih dikenal lagi dan dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Desa Sitiwinangun, singkatnya. (AC212)

The post Mahasiswa UPH Berikan Pelatihan di Desa Wisata Gerabah Sitiwinangun appeared first on AboutCirebon.ID.

katasapa.com

Sprinlidik Bocor? Ketua WP KPK Siap Dikonfrontasi dengan Masinton Pasaribu

katasapa.com

Jadi Kapolres Sragen, AKBP Rafhael: Mak Nyuss Rasanya Masuk Jawa

katasapa.com

Ditahan, Kanjeng Ratu Agung Sejagat Dipindah ke LP Bulu Semarang

katasapa.com

Hari Ini Dalam Sejarah: 17 Januari 395, Kekaisaran Romawi Pecah

katasapa.com

Barcelona Kembali Diperkuat Ter Stegen Kontra Granada

katasapa.com

Everton Siap Saingi Tottenham Hotspur Untuk Datangkan Bek Getafe

katasapa.com

Pertukaran Pemain Antara Inter dan Roma Terancam Gagal

katasapa.com

Liverpool dan Manchester United Kontras Jelang Bertemu Minggu (19/1)

katasapa.com

David Moyes Berusaha Datangkan Ross Barkley ke West Ham

katasapa.com

Barcelona Kembali Dekati Pemain Muda Asal Jepang

katasapa.com

Barcelona Terlalu Cepat Melamar Xavi

katasapa.com

Ernesto Valverde Tinggalkan PR Ini di Barcelona

katasapa.com

Chelsea Gigit Jari, Timo Werner Tak Ingin Tinggalkan Leipzig

katasapa.com

Lawan Juventus Jadi Ujian Sesungguhnya Garuda Select

katasapa.com

Tuchel Ingin Edinson Cavani Bertahan, Tapi…

katasapa.com

Tidak Ada Pemain Real Madrid di Tim Terbaik UEFA 2019

katasapa.com

Francesco Totti Pernah Dibilang Gila karena Tolak Gabung Madrid

katasapa.com

Eks Barcelona Berikan Saran Soal Format Piala FA

katasapa.com

Baru Lima Bulan Gabung Sevilla, Javier Hernandez Siap Hengkang

katasapa.com

Berbatov: Solskjaer Sudah Sukses Kalau Bisa Pertahankan Pekerjaannya

katasapa.com

Christian Pulisic Pede Bakal Sukses di Chelsea

katasapa.com

John Stones Bagus, Tapi Arsenal Tidak Tertarik

katasapa.com

Pochettino: LaLiga dan Premier League Kompetisi Terbaik Dunia

katasapa.com

Rivaldo: Barcelona Permalukan Ernesto Valverde

katasapa.com

Misi Solskjaer Curi Poin di Anfield

katasapa.com

Jauh-Jauh dari Inggris, Ayah dan Anak Ini ke Roma Demi Smalling

katasapa.com

Teja Paku Alam Datang, Deden Natshir dan Aqil Terpaksa Hengkang

katasapa.com

Manuel Neuer Mulai Terusik dengan Kedatangan Alexander Neubel

katasapa.com

Meski Tak Cetak Gol, Sarri Puji Federico Bernardeschi

katasapa.com

Conte Akui Inter Tak Punya Uang untuk Datangkan Pemain Baru