Garuda Indonesia Pastikan Persiapan Penerbangan Jamaah Haji Telah Siap

kataSAPA.com

PT Garuda Indonesia Tbk bersama seluruh entitas anak perusahaan berkomitmen mendukung dalam pelaksanaan operasional penerbangan haji 2019 yang akan dimulai pada Minggu (7/7). Untuk memastikan kegiatan itu berjalan lancar, maskapai plat merah itu melakukan berbagai kesiapan.

Salah satu persiapan yang dilakukan oleh emiten dengan tiker GIAA di pasar modal adalah perawatan armada pesawat agar tetap prima. Selain itu, Garuda juga akan melakukan sistem ground handling, layanan inflight catering, persiapan awak kabin dan pilot yang akan bertugas selama periode penerbangan Haji.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengatakan, persiapan telah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar penerbangan haji tahun ini dapat berjalan dengan lancar, tepat waktu dan nyaman untuk para jamaah haji. Garuda optimistis dapat memberikan kinerja terbaik dalam operasional penerbangan haji tahun ini.

Persiapan pelaksanaan layanan operasiona haji tersebut, Garuda Indonesia Group bersama jajaran terkait berupaya untuk terus meningkatkan aspek keselamatan, on time performance (OTP), dan service excellence, kata Askhara dalam keterangannya, Jumat (5/7).

Sebagaimana diketahui, total jamaah haji Indonesia yang akan diberangkatkan tahun ini mencapai 111.071 jamaah. Para jamaah tersebut akan diterbangkan dengan 14 pesawat Garuda Indonesia. Di antaranya, pesawat jenis Boeing 777 (kapasitas 393 seat), Airbus 330 (kapasitas 360 seat) dan Boeing 744 (kapasitas 455 seat).

Penerbangan fase keberangkatan rencananya akan dimulai sejak 7 Juli 2019 dan berakhir pada 5 Agustus 2019. Adapun gelombang 1 fase keberangkatan tersebut akan diberangkatkan menuju Madinah dari 7 Juli 2019 sampai dengan 19 Juli 2019.

Sementara untuk gelombang 2, fase keberangkatan akan diberangkatkan menuju Jeddah pada 20 Juli 2019 sampai dengan 5 Agustus 2019. Sedangkan untuk penerbangan fase kepulangan akan dimulai dari tanggal 17 Agustus 2019 sampai dengan 15 September 2019.

Gelombang 1 fase kepulangan tersebut akan diberangkatkan dari Jeddah dari tanggal 17 Agustus 2019 sampai dengan 29 September 2019. Sedangkan gelombang 2 fase kepulangan akan diberangkatkan dari Madinah pada tanggal 30 Agustus 2019 sampai dengan 15 September 2019.

Pada tahun ini, Garuda Indonesia juga meningkatkan jumlah awak kabin haji yang berasal dari putra putri terbaik daerah yang berasal dari masing-masing daerah embarkasi. Tujuan Garuda Indonesia merekrut awak kabin dari daerah-daerah embarkasi tersebut adalah merupakan bagian dari pelayanan Garuda Indonesia kepada para jemaah. Khususnya untuk mengatasi kendala komunikasi (bahasa), katanya.

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada para jamaah haji, Garuda Indonesia menghadirkan berbagai pilihan hiburan In-flight Entertainment bernuansa islami pada setiap penerbangannya. Dalam kaitan dengan pelaksanaan penerbangan haji tahun ini, Garuda Indonesia menghimbau calon jemaah haji agar tidak membawa barang bawaan berbahaya (dangerous goods) ke pesawat.

Di antaranya, kompor minyak, gas LPG, korek api, pisau, parang, gunting panjang, hair-spray atau parfum dalam tabung semprot, dan lain-lain. Barang-barang elektronika juga harus dilepas dari baterainya. Hal iniemi keselamatan dan keamanan penerbangan dan kenyamanan bersama, katanya.

Garuda Indonesia juga menghimbau para jemaah agar tidak menerima titipan barang dalam bentuk apapun dari orang lain untuk dibawa ke dalam pesawat. Hal ini perlu diingatkan kembali untuk mencegah (menghindari) adanya perbuatan (tindakan) dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang dapat mengancam keselamatan dan keamanan penerbangan.

Khusus mengenai barang bawaan, para jamaah haji diharapkan dapat mematuhi ketentuan yang disepakati antara Departemen Agama dan Garuda Indonesia, tukasnya.

Sebagai informasi, pada penerbangan Haji tahun 2019/1440 H ini, Garuda Indonesia akan menerbangkan sebanyak 111.071 jamaah yang tergabung dalam 284 kelompok terbang atau kloter dari 9 embarkasi. Embarkasi dari Banda Aceh sebanyak 4.711 jamaah, embarkasi Medan 8.641 jamaah, embarkasi Padang 7.035 jamaah, dan embarkasi Jakarta 19.650 jemaah.

Sementara itu, embarkasi Solo sebanyak 34.882 jamaah, embarkasi Balikpapan 6.825 jamaah, embarkasi Makassar 18.190 jamaah dan embarkasi Lombok 4.967 jamaah.

katasapa.com

Cara Polri Ungkap Komandan Perusuh Aksi 21-22 Mei

katasapa.com

Jimly Asshiddiqie: Rekonsiliasi Probowo-Jokowi Tidak Perlu Dipaksakan

katasapa.com

Jokowi Minta Guru Ajarkan Toleransi ke Siswa Sejak Dini

katasapa.com

3 Ide Bercinta bagi Pasutri yang Liburan di Hotel

katasapa.com

Ingin Sembuhkan Nyeri Bahu, Kenali Penyebab dan Dokter Spesialis yang Menanganinya

katasapa.com

Diperkenalkan Sebagai Bagian Barcelona, Frenkie de Jong Sebut Mimpi yang Jadi Nyata

katasapa.com

4 Kasus Obesitas di Karawang, 2 Penderita Meninggal Dunia

katasapa.com

HEADLINE: Parpol Koalisi Jokowi Minta Jatah Menteri, Bagaimana Respons Istana?

katasapa.com

Jokdri Dituntut 2 Tahun 6 Bulan, Klaim Bukan Terkait Match Fixing

katasapa.com

Deretan Nama Besar Capim KPK, Irjen Antam Hingga Natalius Pigai

katasapa.com

Marc Marquez Ingin Segera Perlebar Jarak Menjadi 50 Poin

katasapa.com

AVI Dukung Pemberantasan Narkoba di Rokok Elektrik

katasapa.com

Ngotot Jadi Ketua MPR, Cak Imin Ingin Dua Partai Ini Jadi Oposisi

katasapa.com

Tukang Bubur Tega Bunuh Bocah Perempuan Karena Idap Kelainan Seksual

katasapa.com

Jokowi Didesak Berikan Amnesti untuk Baiq Nuril

katasapa.com

Untuk Yang Belum Cetak E-KTP, Bisa Pakai Virtual Certificate

katasapa.com

Pembuat Motor Itu Bukan Pekerja Bengkel, melainkan Seniman

katasapa.com

Cak Imin: Partai Koalisi Tutup Pintu Beri Jatah Ketua MPR ke Oposisi

katasapa.com

Pameran Waralaba IFRA Targetkan Transaksi Rp 1 Triliun

katasapa.com

Peneliti LIPI Khawatirkan Skenario Pansel Capim KPK Jilid V

katasapa.com

Ketua Dewan Setuju Tarif PBB Usulan Endung

katasapa.com

Soal Jatah Menteri, OSO Minta Maksimal

katasapa.com

Remang-Remang Rawan Kejahatan, Revitalisasi 80 PJU Margomulyo

katasapa.com

Tunggu Pengajuan Amnesti, Presiden Jokowi Janji Bantu Baiq Nuril

katasapa.com

Wacana Penghapusan Pendidikan Agama di Sekolah Mencuat, PKS Berang

katasapa.com

Buah Perubahan Taktik Djanur, Menyesuaikan dengan Jeleknya Bek Persib

katasapa.com

Jelang Kabinet Baru, Wapres JK Singgung Perubahan Kurikulum

katasapa.com

Perkuat Kemitraan, DPD RI Terima Delegasi DPRD Tanah Datar

katasapa.com

Ditjen Hortikultura Percepat Perbaikan Layanan PPID