Garuda Indonesia Pastikan Persiapan Penerbangan Jamaah Haji Telah Siap

kataSAPA.com

PT Garuda Indonesia Tbk bersama seluruh entitas anak perusahaan berkomitmen mendukung dalam pelaksanaan operasional penerbangan haji 2019 yang akan dimulai pada Minggu (7/7). Untuk memastikan kegiatan itu berjalan lancar, maskapai plat merah itu melakukan berbagai kesiapan.

Salah satu persiapan yang dilakukan oleh emiten dengan tiker GIAA di pasar modal adalah perawatan armada pesawat agar tetap prima. Selain itu, Garuda juga akan melakukan sistem ground handling, layanan inflight catering, persiapan awak kabin dan pilot yang akan bertugas selama periode penerbangan Haji.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengatakan, persiapan telah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar penerbangan haji tahun ini dapat berjalan dengan lancar, tepat waktu dan nyaman untuk para jamaah haji. Garuda optimistis dapat memberikan kinerja terbaik dalam operasional penerbangan haji tahun ini.

Persiapan pelaksanaan layanan operasiona haji tersebut, Garuda Indonesia Group bersama jajaran terkait berupaya untuk terus meningkatkan aspek keselamatan, on time performance (OTP), dan service excellence, kata Askhara dalam keterangannya, Jumat (5/7).

Sebagaimana diketahui, total jamaah haji Indonesia yang akan diberangkatkan tahun ini mencapai 111.071 jamaah. Para jamaah tersebut akan diterbangkan dengan 14 pesawat Garuda Indonesia. Di antaranya, pesawat jenis Boeing 777 (kapasitas 393 seat), Airbus 330 (kapasitas 360 seat) dan Boeing 744 (kapasitas 455 seat).

Penerbangan fase keberangkatan rencananya akan dimulai sejak 7 Juli 2019 dan berakhir pada 5 Agustus 2019. Adapun gelombang 1 fase keberangkatan tersebut akan diberangkatkan menuju Madinah dari 7 Juli 2019 sampai dengan 19 Juli 2019.

Sementara untuk gelombang 2, fase keberangkatan akan diberangkatkan menuju Jeddah pada 20 Juli 2019 sampai dengan 5 Agustus 2019. Sedangkan untuk penerbangan fase kepulangan akan dimulai dari tanggal 17 Agustus 2019 sampai dengan 15 September 2019.

Gelombang 1 fase kepulangan tersebut akan diberangkatkan dari Jeddah dari tanggal 17 Agustus 2019 sampai dengan 29 September 2019. Sedangkan gelombang 2 fase kepulangan akan diberangkatkan dari Madinah pada tanggal 30 Agustus 2019 sampai dengan 15 September 2019.

Pada tahun ini, Garuda Indonesia juga meningkatkan jumlah awak kabin haji yang berasal dari putra putri terbaik daerah yang berasal dari masing-masing daerah embarkasi. Tujuan Garuda Indonesia merekrut awak kabin dari daerah-daerah embarkasi tersebut adalah merupakan bagian dari pelayanan Garuda Indonesia kepada para jemaah. Khususnya untuk mengatasi kendala komunikasi (bahasa), katanya.

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada para jamaah haji, Garuda Indonesia menghadirkan berbagai pilihan hiburan In-flight Entertainment bernuansa islami pada setiap penerbangannya. Dalam kaitan dengan pelaksanaan penerbangan haji tahun ini, Garuda Indonesia menghimbau calon jemaah haji agar tidak membawa barang bawaan berbahaya (dangerous goods) ke pesawat.

Di antaranya, kompor minyak, gas LPG, korek api, pisau, parang, gunting panjang, hair-spray atau parfum dalam tabung semprot, dan lain-lain. Barang-barang elektronika juga harus dilepas dari baterainya. Hal iniemi keselamatan dan keamanan penerbangan dan kenyamanan bersama, katanya.

Garuda Indonesia juga menghimbau para jemaah agar tidak menerima titipan barang dalam bentuk apapun dari orang lain untuk dibawa ke dalam pesawat. Hal ini perlu diingatkan kembali untuk mencegah (menghindari) adanya perbuatan (tindakan) dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang dapat mengancam keselamatan dan keamanan penerbangan.

Khusus mengenai barang bawaan, para jamaah haji diharapkan dapat mematuhi ketentuan yang disepakati antara Departemen Agama dan Garuda Indonesia, tukasnya.

Sebagai informasi, pada penerbangan Haji tahun 2019/1440 H ini, Garuda Indonesia akan menerbangkan sebanyak 111.071 jamaah yang tergabung dalam 284 kelompok terbang atau kloter dari 9 embarkasi. Embarkasi dari Banda Aceh sebanyak 4.711 jamaah, embarkasi Medan 8.641 jamaah, embarkasi Padang 7.035 jamaah, dan embarkasi Jakarta 19.650 jemaah.

Sementara itu, embarkasi Solo sebanyak 34.882 jamaah, embarkasi Balikpapan 6.825 jamaah, embarkasi Makassar 18.190 jamaah dan embarkasi Lombok 4.967 jamaah.

katasapa.com

Diisukan Mantan Intel, Warung Bakso Pak Bagyo Bantul Pakai Nama Lain

katasapa.com

Pelajar dan Mahasiswa Diancam Karena Demo: DO Sampai Intimidasi Seksual

katasapa.com

Juara Asian Games Rajai 76 Indonesia Downhill 2019 di Kudus

katasapa.com

Sejarah Hari Ini: 15 Oktober 1815, Napoleon Bonaparte Diasingkan

katasapa.com

CSB 3on3 Basketball Tournament Open Seri 4 Siap Digelar

katasapa.com

James Milner Puji Jurgen Klopp Kekuatan Terbesar Liverpool

katasapa.com

Prediksi Liechtenstein vs Italia, Kualifikasi Piala Eropa 2020

katasapa.com

Prediksi Swedia vs Spanyol, Kualifikasi Piala Eropa 2020

katasapa.com

Prediksi Aljazair vs Kolombia, Persahabatan 16 Oktober 2019

katasapa.com

Prediksi Rumania vs Norwegia, Kualifikasi Piala Eropa 2020

katasapa.com

Bayern Munchen Enggan Lepas Thomas Muller ke Liverpool

katasapa.com

Tottenham Hotspur Tekad Bajak Target Utama Manchester United

katasapa.com

Barcelona Bidik Bintang Muda PSV Gantikan Luis Suarez

katasapa.com

Liverpool Tambah Semangat Hadapi Manchester United

katasapa.com

N’Golo Kante Kembali ke Kamp Latihan Chelsea

katasapa.com

Simon McMenemy: yang Jadi Masalah Itu Fisik

katasapa.com

Buka Diklat Orientasi DPRD, Sekda Ajak Bersinergi Membangun Banten

katasapa.com

Dituding Macam-macam, Bebby Fey Sindir Atta Halilintar, ‘Duh Sombongnya Orang Ini’

katasapa.com

Manfaat Konsumsi Telur untuk Ibu Menyusui

katasapa.com

Perteta: Mentan Andi Amran Bapak Mekanisasi Indonesia

katasapa.com

Buka Pospeda 2019, Gubernur: Ajang Gali Potensi Santri dari Berbagai Bidang

katasapa.com

Debt Collector Dibunuh Nasabah Sendiri, Kesal Cara Nagihnya

katasapa.com

Debt Collector Dibunuh Nasabah Sendiri, dari Rp40 Juta Jadi Rp150 Juta

katasapa.com

Artis K-Pop Sulli Tewas Bunuh Diri, Diduga Tak Tahan dengan Hujatan di Media Sosial

katasapa.com

Komite I DPD RI Usulkan Pembentukan Pansus Papua

katasapa.com

Perempuan Perekam dan Penyebar Video Penggal Kepala Jokowi Bebas, Negara Dituntut Majelis Hakim

katasapa.com

Diduga Rebutan Biduan, Kru Organ Tunggal Dianiaya

katasapa.com

Sebelum Bunuh Diri, Sulli Sempat Curhat ‘Hidup Saya Sebenarnya Kosong’

katasapa.com

Ciptakan Stabilitas Pertumbuhan Ekonomi, Jabar Perkuat Akselerasi Investasi

katasapa.com

Kasus Kematian Mahasiswa Kendari, Hasil Otopsi Ternyata Tewas Ditembak Polisi