Diisukan Mantan Intel, Warung Bakso Pak Bagyo Bantul Pakai Nama Lain

kataSAPA.com

Solopos.com, JOGJA -- Cerita Bakso Pak Bagyo yang disebut berjualan di Pasar Ngipik daerah Banguntapan Kabupaten Bantul, viral setelah diunggah di Twitter pada Jumat (11/10/2019) lalu. Pria itu viral lantaran diisukan merupakan mantan agen lembaga intelijen.

Dalam unggahan di akun Twitter @ricohore, sosok Pak Bagyo disebut-sebut mantan anggota Badan Intelijen Negara (BIN) yang beralih profesi menjadi penjual bakso. Dalam unggahan itu,Pak Bagyo diceritakan beralih profesi menjadi penjual bakso tanpa sengaja.

Cerita Pak Bagyo tersebut bermula ketika yang bersangkutan menyamar saat berusaha membongkar perjudian di Pasar Ngipik, Kecamatan Banguntapan, Bantul. Untuk mengetahui kebenarannya, Suara.com (jaringan Solopos.com) mencoba menelusuri keberadaan dari Warung Bakso Pak Bagyo tersebut.

Pasar Ngipik sendiri telah berpindah tempat sekitar 500 meter dari lokasi yang lama. Bangunan Pasar Ngipik yang baru telah didirikan dengan cukup bagus sementara, yang lama telah rata dengan tanah. Setelah ditelusuri dengan seksama, ternyata di dua Pasar Ngipik, baik Pasar Ngipik Lama dan Pasar Ngipik Baru, tidak ada warung bakso dengan nama Pak Bagyo.

Saat beberapa orang yang tinggal di dekat Pasar Ngipik lama ditanya, ternyata mereka mengaku tidak mengetahui keberadaan warung bakso tersebut. Seperti yang diungkapkan warga yang tinggal beberapa ratus meter arah barat Pasar Ngipik, Setiya. Dia mengaku tidak mengetahui keberadaan Warung Bakso Pak Bagyo.

Bahkan, Setiya menyebut jika cerita dari akun @ricohore merupakan karangan fiktif belaka. Setiya juga mengungkapkan, Warung Bakso Pak Bagyo juga tidak ada di seputaran Pasar Ngipik Lama.

"Itu fiktif. Ndak ada itu, diberitakan juga sudah klarifikasi kalau hanya karangan fiktif belaka," tutur Setiya. Baca juga: Viral Kisah Pak Bagyo Mantan Intel Jualan Bakso di Jogja, Ini Faktanya.

Pun saat mencoba mencari informasi di Pasar Ngipik Baru. Ternyata di Pasar Ngipik di lokasi yang baru juga tidak ada warung Bakso dengan nama Pak Bagyo.

Di Pasar Ngipik Baru memang ada warung bakso cukup ramai dikunjungi pengunjung. Namun, warung bakso tersebut bukan Warung Bakso Pak Bagyo, melainkan Warung Bakso Mbak Jem.

Warung Bakso Mbak Jem ini letaknya berada di pojok selatan sebelah timur Pasar Ngipik Baru. Letaknya pun agak masuk sekitar 100 meter dari jalan utama Ngipik, namun pengunjungnya berjubel.

Sayangnya, pekan ini Warung Bakso Mbak Jem di Dusun Iroyudan tutup selama beberapa hari karena sedang menyelenggarakan hajatan pernikahan di sebelah selatan warungnya. Karena itu, penjualnya tak bisa ditemui..

Begitu pula dengan warga di seitar Pasar Ngipik Baru. Mereka juga tidak mengetahui keberadaan warung terkait keberadaan Warung Bakso Pak Bagyo tersebut. Bahkan ketika ditunjukkan foto sosok Pak Bagyo dalam berita sebelumnya, mereka juga tidak mengetahuinya.

"Mana ya, saya malah ndak tahu warung bakso itu. Setahu saya ya bakso Iroyudan yang enak dan ramai itu," tutur Sumini, seorang warga dekat Pasar Ngipik Baru. "Tapi, foto ini bukan penjual bakso Iroyudan," tutur Susmini saat ditunjukkan foto Pak Bagyo.

Pakai Nama Lain

Namun, seorang warga yang tinggal dekat Pasar Ngipik Baru bernama Indra K, langsung menunjuk sebuah warung bakso Pak Bagyo di dekat Pasar Ngipik Lama yang telah dirobohkan. Warung bakso tersebut tidak memasang plakat nama Bakso Pak Bagyo, tetapi dengan nama yang lain.

Di dekat Pasar Ngipik tersebut ada beberapa warung bakso dan tidak ada yang mencantumkan nama Pak Bagyo. Indra juga menunjukkan warung tersebut dan memang tidak memasang nama Pak Bagyo melainkan nama yang lain.

Indra kemudian menjelaskan jika warung bakso di Pasar Ngipik tersebut hanyalah cabang sementara. Sedangkan, pusatnya berada di utara Lapangan Wiyoro yang jaraknya sekitar satu kilometer ke arah utara atau ke arah jalan Wonosari. Namun warung bakso yang utama tersebut sudah tutup cukup lama dan sekarang kiosnya digunakan orang lain.

"Kui gur cabange lho. Asline lor Lapangan Wiyoro [Itu hanya cabangnya. Aslinya di utara Lapangan Wiroyo]," katanya. Baca juga: Sukses Bikin Bingung, Status Facebook Pedagang Bakso Ini Viral.

Indra mengatakan, jika Warung Bakso Pak Bagyo di dekat Pasar Ngipik lama tergolong sepi pengunjung. Kemungkinan kalah bersaing dengan Bakso Iroyudan yang lokasinya berjarak beberapa ratus meter.

Pencarian dilanjutkan dengan mendatangi warung Bakso Pak Bagyo yang terletak sekitar 150 meter dari Pasar Ngipik lama. Namun sayang, lokasi warung bakso sudah tutup. Gerobak bakso sudah ditutupi dengan spanduk bekas berwarna cokelat muda.

"Warungnya juga sepi. Pembeli ada sih tetapi jumlahnya sedikit," paparnya. "Mungkin diunggah di Twitter biar ramai kembali,"ujarnya.

The post Diisukan Mantan Intel, Warung Bakso Pak Bagyo Bantul Pakai Nama Lain appeared first on Solopos.com.

katasapa.com

Tanggapi Tito Karnavian, KPK Sebut OTT Buka Tabir Masalah Politik

katasapa.com

Densus 88 Gerilya di Solo, Geledah Tiga Hunian

katasapa.com

Suap Mantan Aspidum Kejati DKI, Direktur PT Java Indoland Dituntut 4,5 Tahun Penjara

katasapa.com

Ketua DPRD Makassar Dukung Bakti Mangrove FIB

katasapa.com

Pangkoopsau II Marsda TNI Donny Ermawan Taufanto Mendapat Pengarahan Langsung dari Presiden Jokowi

katasapa.com

Kementan Siap Masifkan Program ‘Early Warning System’

katasapa.com

Iran Blokir Akses Internet sementara Demonstrasi Berlanjut

katasapa.com

Fraksi Demokrat, Republik Bereaksi Soal Kesaksian Terkait Penyelidikan Pemakzulan Trump 

katasapa.com

DAN+DAN Promo HARGA SPESIAL untuk transaksi dengan GOPAY

katasapa.com

ALFAMART Promo Hajatan Pilihan Kamu – Diskon Hingga 50% untuk transaksi pakai GOPAY

katasapa.com

Shabu Shabu On-Yasai Promo KIDS DINE FREE dan Promo Upgrade Menu with SPECIAL PRICE!

katasapa.com

ACE Special Offer – Hemat hingga 50% + Tukar Poin Dapat Voucher hingga Rp. 300.000

katasapa.com

Promo GUARDIAN Katalog Mingguan periode 14-27 November 2019

katasapa.com

Promo ALFAMIDI HEMAT SATU PEKAN periode 18-24 November 2019

katasapa.com

Ini 5 Sebab Jateng Dilirik Investor Menurut Apindo

katasapa.com

Diduga Teroris, Tukang Pijat di Cilacap Ditangkap Densus 88

katasapa.com

Curhat Pengunjung CFD Boyolali: Terlalu Banyak Pengemis & Pengamen!

katasapa.com

Berstatus Tersangka, Kades di Klaten Tetap Dilantik Bupati

katasapa.com

Merawat Cinta dan Nostalgia Bareng Sheila On 7 di De Tjolomadoe Karanganyar

katasapa.com

Sheila On 7 Meriahkan DSCX, Duta ke Penonton: Semoga Sukses Dapatkan Dia!

katasapa.com

Sejarah Hari Ini: 18 November 1912, Ahmad Dahlan Dirikan Muhammadiyah

katasapa.com

Cirebon Technopreneurship Kembali Gelar Seminar Nasional di Universitas Kuningan

katasapa.com

ADV150 Urban Exploride, Ajak Konsumen dan Komunitas Kunjungi Tempat Bersejarah di Cirebon

katasapa.com

Harry Kane Tuntaskan Rekor Gol Timnas Inggris di Kosovo

katasapa.com

Manchester United Was-was Gagal Datangkan Mario Mandzukic

katasapa.com

Pelatih Kosovo Soal Cara Hentikan Raheem Sterling: Patahkan Saja Kakinya!

katasapa.com

Barcelona Tolak Tawaran Klub Inggris untuk Ivan Rakitic

katasapa.com

Joe Gomez Berharap Main Saat Liverpool Tandang ke Crystal Palace

katasapa.com

Virgil van Dijk Tinggalkan Timnas Belanda Karena Alasan Pribadi

katasapa.com

Kaki Ronaldo Bisa Patah Akibat Jeleknya Lapangan Luksemburg