Kala Dirjen PHU 'Cemburu' pada Penulis Buku

kataSAPA.com

Jakarta (PHU)---Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar, mengungkapkan rasa syukur dan kebahagiaan tak terkira dalam acara launching buku Formula 5-5-3 Dalam Manajemen Haji. Bagaimana tidak, baru Kamis(17/10/2019) kemarin mendapatkan hasil sangat memuaskan (85,91) dalam survey indeks kepuasan jemaah haji. Dan hari Jumat (18/10) dapat memberikan kenang-kenangan terbaik kepada Menteri Agama yang akan segera mengakhiri jabatannya sebagai Menteri.

Puji syukur ke hadirat Allah Azza wa Jalla patut saya sampaikan pada kesempatan yang sangat berbahagia kali ini. Saya merasa lega bahwa Ditjen PHU mampu memberikan kado terindah bagi Pak Menteri, ungkap Dirjen Nizar mengawali sambutan launching dan bedah buku manajemen haji karya Helmi Faisal di hotel Borobudur.

Kado inilah yang memang menjadi cita dan angan Pak Menteri selama ini. Saya teringat ketika beliau baru melantik saya sebagai Dirjen PHU, kalimat yang pertama beliau sampaikan kepada saya adalah ajakan untuk bersama-sama memberikan pelayanan maksimal dan terbaik bagi jemaah haji dan umrah Indonesia, lanjutnya dalam sambutan yang dihadiri .

Terkait dengan buku Formula 5-5-3 Dalam Manajemen Haji, Dirjen PHU yang dikenal lincah dan gesit dalam bekerja itu, memberikan pujian kepada Helmi Hidayat sang penulis buku. Dia bahkan mengaku kalah start dibandingkan Helmi yang sama-sama sebagai dosen UIN

Sejujurnya, pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan rasa ghirah saya kepada Bapak Helmi Hidayat. Ada rasa cemburu saya kepada Pak Helmi. Sebagai orang yang sama-sama berprofesi sebagai dosen di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, saya merasa tersalip oleh sesama bus kota, kelakar Nizar disambut tawa dan tepuk tangan gemuruh peserta kegiatan.

Lebih lanjut Nizar menuturkan bahwa dia juga ingin membukukan ide-ide brilian Menag terkait perhajian. Namun apa boleh dikata, tugas-tugasnya sebagai Dirjen diakui banyak menyita waktu untuk menuangkannya dalam bentuk karya tulis.

Ternyata Pak Helmi Hidayat dalam konteks ini, mampu membaca peluang emas tersebut. Lahirlah buku yang sangat luar biasa ini sebagai rekaman sejarah perhajian Indonesia yang dikomandani langsung oleh Bapak Lukman Hakim Saefuddin. Di sinilah skor saya antara Pak Helmi Hidayat sebagai sesama dosen menjadi satu kosong, canda mantan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DI Yogyakarta tersebut.

Sebagai Guru Besar yang sangat berpengalaman mengoreksi karya ilmiah, Dirjen Nizar juga memuji Teknik penulisan Helmi Hidayat yang akan segera dipasarkan itu. Menurutnya objektivitas penulisannya sangat tinggi.

Beliau mengaku telah menerapkan prinsip epoch dalam mencari tahu dan melukiskan temuan risetnya terkait manajemen perhajian yang digagas oleh Bapak Menteri. Saya sangat menghargai prinsip beliau, puji Nizar kepada Helmi.

Seperti dijelaskan oleh Nizar, bahwa prinsip epoch adalah salah satu prinsip netral dalam penelitian fenomena keagamaan dengan cara menangguhkan terlebih dahulu persepsi awal, penilaian normatif agama dan sudut pandang peneliti sebagai pemeluk agama, guna memperoleh hasil penelitian yang objektif. Apalagi secara eksplisit Helmi juga disebutkan pada awalnya jarang berbaik sangka pada penyelenggaraan haji Indonesia.

Hal ini terjadi karena banyaknya berita di media massa yang sering bernada negatif tentang penyelenggaraan haji Indonesia. Namun kesan tersebut akhirnya perlahan-lahan terkikis, tegasnya.

Saat Helmi Hidayat menjadi konsultan ibadah haji di Mekkah pada 2018. Di kota suci itulah dia mengaku terperangah, ternyata Badan Pusat Statistik berbeda sikap dengannya. Menurutnya, lembaga survei nasional ini berhasil menyajikan angka-angka survei yang mestinya membuat banyak orang berempati pada penyelenggaraan haji nasional.

Ribuan jemaah haji Indonesia, seperti direkam BPS, ternyata selalu menilai positif layanan perhajian yang diberikan Pemerintah. Klimaknya adalah pada tahun 2018 dan 2019, dimana Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia menembus level Sangat Memuaskan, tandasnya. (ab/ab).

katasapa.com

Mentan SYL: Makan sampai Habis!

katasapa.com

Gol Penalti Eki Fauji Selamatkan PSMS dari Kekalahan Lawan Persik

katasapa.com

Presiden Jokowi Tabur Bunga di Makam Bu Ani dan Pak Habibie

katasapa.com

SYL Ajak Milenial Terapkan Pola Pangan Sehat

katasapa.com

Imbangi Persik, Jafri Sastra : Kami Kecolongan, Banyak Peluang Tidak Bisa Membuat Gol

katasapa.com

Di Hadapan Kader Nasdem, Gubernur Jabar Ajak Legislatif Sejalan dengan Eksekutif

katasapa.com

Virus Hog Colera di Sumut Hanya Menyerang Babi, Belum Ditemukan Kasus Manusia Terinfeksi

katasapa.com

Daftar 8 Gelar The Minions Sepanjang 2019 Ini, Mayoritas Kalahkan Ahsan/Hendra di Final

katasapa.com

Protes Gol PSMS dan Wasit, Pelatih Persik : Kami Melihat Itu Jelas-jelas Bukan Penalti

katasapa.com

Nabung Saja Tak Cukup, Agar Keuangan Aman Lakukan Cara Ini

katasapa.com

Imbang Lawan Korea Utara, Indonesia Segel Tiket Final Piala Asia U-19

katasapa.com

Klasemen Akhir Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19: Tak Pernah Kalah, Indonesia Juara Grup

katasapa.com

Juventus vs AC Milan: Bukan Lagi Grande Partita, tapi Sarat Emosi

katasapa.com

Menristek Apresiasi Stem Cell dan Cangkang Kapsul Rumput Laut UNAIR

katasapa.com

Pengantar Rasa Takut

katasapa.com

Liverpool vs Manchester City: Perang Mental Dua Calon Juara

katasapa.com

Pertempuran 10 November: Amad Ingin Tembak Jatuh Pesawat Pakai Lewes

katasapa.com

Jalur Memutar dan Akses Sempit, Bus Enggan Masuk Terminal Kedung Cowek

katasapa.com

Vivo V17 Pro Menang Banyak Kamera, Sisanya Tanggung

katasapa.com

Komisi XI DPR Minta Jokowi Awasi Kebijakan Menkeu Soal Cukai Rokok

katasapa.com

Di Acara Resepsi, Delon Nyanyikan Lagu Spesial Hadiah Bos Nagaswara

katasapa.com

Kunci Mendominasi Ganda Putra Dunia, Marcus: Kami Menikmati Permainan

katasapa.com

Bartender, Sales, Entertainer, Perawat, dan Guru Profesi yang Rentan Perselingkuhan

katasapa.com

Peringati Hari Pahlawan di Makoopsau II, Kas Koopsau Bacakan Sambutan Menteri Sosial

katasapa.com

Stem Cell dan Cangkang Kapsul Rumput Laut Produk Unair, Ini Apresiasi Menristek

katasapa.com

Keberhasilan Studi di Perguruan Tinggi: Bantu Orang Lain untuk Bantu Diri Sendiri

katasapa.com

Diguyur Hujan Abu Merapi, Warga Tlogolele Boyolali Diminta Pakai Masker

katasapa.com

Grebeg Mulud Solo: 2 Gunungan Simbolkan Tugas Laki-Laki dan Perempuan, Apa Itu?

katasapa.com

Di Jepara, Penghuni Indekos Dites HIV

katasapa.com

Gara-Gara Limbah Pabrik PT RUM Sukoharjo, Warga Ini Terpaksa Jual Rumah dan Pindah