Hapus Tarikan Dobel Jukir, Dishub Libatkan Pihak Ketiga Urus E-Parking

kataSAPA.com

Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo memastikan tidak akan mengelola sendiri program parkir elektronik (e-parking). Pihak ketiga (rekanan) yang ahli dan update dipercaya sebagai pelaksana. Targetnya, layanan harus baik dan pendapatan naik.

Kepala Dishub M. Bahrul Amig memastikan, fokus utama program e-parking adalah memperbaiki layanan parkir kepada masyarakat. Harus mudah dan transparan. Tidak sampai merugikan konsumen. Saat sistem parkir berlangganan masih berlaku, banyak pemilik kendaraan yang mengeluh karena ditarik uang parkir lagi di jalan. Tidak ada lagi dobel penarikan itu, ucapnya.

Saat e-parking berlaku pada 2020, jukir tidak lagi memungut uang parkir. Pihak ketiga akan bertindak sebagai operator. Tugasnya beragam. Mulai menyiapkan fasilitas parkir, mengatur jukir, sampai menjadi pengawas parkir.

Lalu, apa tugas dishub? Amig menyatakan, pelibatan pihak ketiga tersebut bukan bentuk lepas tangan pemerintah. Tujuannya semata-mata meningkatkan pelayanan. Menjamin hak-hak masyarakat yang membayar retribusi parkir agar terpenuhi dengan baik.

Amig menyebutkan, pemkab bertugas memetakan titik parkir. Sekaligus potensi pendapatan di setiap titik-titik tersebut. Setelah itu, dilakukan lelang untuk memperoleh rekanan pengelola. Pemenang lelang harus memenuhi target pendapatan parkir. Kalau tidak tercapai atau kurang, tinggal diganti, ujarnya.

Pihak ketiga sebagai pengelola, lanjut Amig, juga harus mengawasi pelaksanaan e-parking di lapangan. Dishub juga terlibat dalam pengawasan. Jadi, pengawasan lebih ketat. Kemungkinan kebocoran dicegah.

Yang tidak kalah penting adalah kemampuan pihak ketiga dalam pemanfaat teknologi. Menurut Amig, perkembangan financial technology (fintech) begitu pesat. Setiap tahun mengalami penyempurnaan. Pihak ketiga bisa mengikuti perkembangan itu, terangnya.

Pada tahun pertama atau 2020, target dishub adalah perbaikan pelayanan. Pemilik kendaraan bisa beradaptasi untuk mengenal dan memahami sistem e-parking. Begitu pula juru parkir (jukir). Baru tahun berikutnya pendapatan daerah dari parkir diharapkan naik.

Plt KUPT Parkir Dishub Arie Prabowo menambahkan, dishub akan membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) Parkir. Unit tersebut bertugas mengawasi pelayanan parkir yang dilaksanakan rekanan. Jika ada keluhan atau target pendapatan kurang, langsung diingatkan, paparnya.

Awasi Parkir Insidental agar Tidak Mahal

Selain parkir di tepi jalan umum, dishub berencana mengatur parkir insidental. Arie Prabowo menyatakan, parkir insidental tetap diperbolehkan. Tujuannya, menampung kendaraan jika lahan parkir penuh. Aturan itu tertuang di dalam perda parkir, terangnya.

Namun, ada empat kriteria yang harus dipenuhi. Pertama, tempat parkir yang ada melebihi kapasitas. Kedua, tidak mengganggu keselamatan, ketertiban, dan kelancaran jalan. Ketiga, tidak merugikan pejalan kaki dan penyandang disabilitas. Keempat, memperoleh izin.

Izin parkir insidental harus memperhatikan lebar jalan, volume lalu lintas, karakteristik kecepatan, dimensi kendaraan, serta peruntukan jalan. Semuanya harus terpenuhi, paparnya.

Dishub juga menyoroti tarif parkir insidental. Kerap sangat mahal. Melebihi ketentuan perda. Contohnya, saat konser musik atau orkes. Tarif parkir sepeda motor bisa Rp 10 ribu. Hal itu biasanya dilakukan oknum. Dia berharap panitia kegiatan bekerja sama dengan dishub dan kepolisian. Sehingga tarif parkir bisa diatur, terangnya.

Tindak Kendaraan di Lokasi Rawan

Problem parkir insidental ini telah lama menjadi perhatian Polresta Sidoarjo. Parkir dadakan itu muncul sejak kawasan Candi, Mojopahit, Jalan Diponegoro, sampai Jalan Jenggolo. Akibatnya, jalan macet. Bahkan, di lokasi yang jelas terpasang rambu larangan pun, masih muncul parkiran.

Kasatlantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar menyatakan, banyak kantor dan pertokoan yang tidak memiliki tempat parkir memadai. Kendaraan pengunjung pun parkir di jalan.

Kondisi itu, lanjut Fahrian, menjadi dilema dalam penertiban. Kalau ditindak tanpa solusi juga susah, papar perwira dengan satu melati di pundak tersebut. Penertiban tidak serta-merta menyelesaikan masalah.

Polisi memang tetap menegur, bahkan sampai menilang. Namun, petugas melihat lokasi. Khususnya di kawasan rawan kecelakaan, papar alumnus Akpol 2005 itu. Polisi lebih memprioritaskan upaya preventif untuk mencegah kemacetan. Kami siagakan petugas di beberapa titik, pungkasnya.

katasapa.com

Mentan SYL: Makan sampai Habis!

katasapa.com

Gol Penalti Eki Fauji Selamatkan PSMS dari Kekalahan Lawan Persik

katasapa.com

Presiden Jokowi Tabur Bunga di Makam Bu Ani dan Pak Habibie

katasapa.com

SYL Ajak Milenial Terapkan Pola Pangan Sehat

katasapa.com

Imbangi Persik, Jafri Sastra : Kami Kecolongan, Banyak Peluang Tidak Bisa Membuat Gol

katasapa.com

Di Hadapan Kader Nasdem, Gubernur Jabar Ajak Legislatif Sejalan dengan Eksekutif

katasapa.com

Virus Hog Colera di Sumut Hanya Menyerang Babi, Belum Ditemukan Kasus Manusia Terinfeksi

katasapa.com

Daftar 8 Gelar The Minions Sepanjang 2019 Ini, Mayoritas Kalahkan Ahsan/Hendra di Final

katasapa.com

Protes Gol PSMS dan Wasit, Pelatih Persik : Kami Melihat Itu Jelas-jelas Bukan Penalti

katasapa.com

Nabung Saja Tak Cukup, Agar Keuangan Aman Lakukan Cara Ini

katasapa.com

Imbang Lawan Korea Utara, Indonesia Segel Tiket Final Piala Asia U-19

katasapa.com

Klasemen Akhir Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19: Tak Pernah Kalah, Indonesia Juara Grup

katasapa.com

Juventus vs AC Milan: Bukan Lagi Grande Partita, tapi Sarat Emosi

katasapa.com

Menristek Apresiasi Stem Cell dan Cangkang Kapsul Rumput Laut UNAIR

katasapa.com

Pengantar Rasa Takut

katasapa.com

Liverpool vs Manchester City: Perang Mental Dua Calon Juara

katasapa.com

Pertempuran 10 November: Amad Ingin Tembak Jatuh Pesawat Pakai Lewes

katasapa.com

Jalur Memutar dan Akses Sempit, Bus Enggan Masuk Terminal Kedung Cowek

katasapa.com

Vivo V17 Pro Menang Banyak Kamera, Sisanya Tanggung

katasapa.com

Komisi XI DPR Minta Jokowi Awasi Kebijakan Menkeu Soal Cukai Rokok

katasapa.com

Di Acara Resepsi, Delon Nyanyikan Lagu Spesial Hadiah Bos Nagaswara

katasapa.com

Kunci Mendominasi Ganda Putra Dunia, Marcus: Kami Menikmati Permainan

katasapa.com

Bartender, Sales, Entertainer, Perawat, dan Guru Profesi yang Rentan Perselingkuhan

katasapa.com

Peringati Hari Pahlawan di Makoopsau II, Kas Koopsau Bacakan Sambutan Menteri Sosial

katasapa.com

Stem Cell dan Cangkang Kapsul Rumput Laut Produk Unair, Ini Apresiasi Menristek

katasapa.com

Keberhasilan Studi di Perguruan Tinggi: Bantu Orang Lain untuk Bantu Diri Sendiri

katasapa.com

Diguyur Hujan Abu Merapi, Warga Tlogolele Boyolali Diminta Pakai Masker

katasapa.com

Grebeg Mulud Solo: 2 Gunungan Simbolkan Tugas Laki-Laki dan Perempuan, Apa Itu?

katasapa.com

Di Jepara, Penghuni Indekos Dites HIV

katasapa.com

Gara-Gara Limbah Pabrik PT RUM Sukoharjo, Warga Ini Terpaksa Jual Rumah dan Pindah