Sejarah Hari Ini: 9 November 1937, Jepang Kuasai Shanghai

kataSAPA.com

Solopos.com, SOLO Pada 9 November 1937, Jepang berhasil merebut kekuasaan di Shanghai dari Tiongkok. Jepang lantas menguasai Shanghai hingga akhir Perang Dunia II pada 1945.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-313hari ke-314 dalam tahun kabisatsesuai sistem Kelender Gregorian, 9 November. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 9 November yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 9 November:

1729
Inggris dan Spanyol menandatangani Perjanjian Sevilla di Sevilla, Spanyol. Perjanjian itu merupakan perjanjian damai untuk mengakhiri Perang Inggris-Spanyol yang berlangsung sejak 1727. Dari perjanjian tersebut, Inggris berhak berkuasa di Pelabuhan Mahon dan Gibraltar. Sebagai gantinya, Inggris harus memberikan dukungannya terhadap Ratu Spanyol Elisabeth Farnese untuk menguasai wilayah Parma di Italia.

1914
Pasukan Australia berhasil mengalahkan pasukan Jerman dalam pertempuran di perairan dekat Pulau Cocos di Samudera Hindia. Dalam pertempuran memperebutkan Pulau Cocos itu, kapal milik Jerman SMS Emden tenggelam setelah dibombardir kapal tempur HMAS Sydney milik Australia. Hingga kini, Pulau Cocos masih menjadi wilayah kekuasaan Australia, meski lokasinya lebih dekat dengan Pulau Jawa dan Sumatra di Indonesia.

Wilhelm II. (Wikiemdia.org)
Wilhelm II. (Wikimedia.org)

1918
Wilhelm II turun dari takhtanya sebagai kaisar Jerman yang telah ia pangku selama 20 tahun. Mundurnya Wilhelm II itu sekaligus menjadi tanda runtuhnya Kekaisaran Jerman yang lantas digantikan Republik Weimar. Beberapa wilayah kekuasaan Jerman juga lantas melepaskan diri setelah runtuhnya kekaisaran.

1931
Jenderal Mah Chang Shan dari Heilungkieng, Manchuria, Tiongkok mendeklarasikan perang terhadap Jepang. Hal itu dilakukan demi mengusir tentara Jepang yang telah menginvasi Manchuria sejak beberapa pekan sebelumnya. Namun, upaya itu gagal dan Jepang berhasil menguasai wilayah Manchuria serta membentuk negara boneka yang dinamai Manchukuo. Kini wilayah itu dikenal sebagai Tiongkok Timur Laut.

1937
Jepang berhasil merebut kekuasaan di Shanghai dari Tiongkok. Jepang lantas menguasai Shanghai hingga akhir Perang Dunia II pada 1945. Semasa Perang Dunia II, Shanghai merupakan satu-satunya kota di dunia yang menerima orang-orang Yahudi tanpa syarat.

1938
Orang-orang Nazi menyerbu toko-toko dan pusat usaha milik orang Yahudi serta sejumlah sinagoge di Jerman dan menimbulkan kerusuhan pada malam hari. Peristiwa itu berlangsung selama dua hari dan mengakibatkan 30.000 orang Yahudi ditawan dan beberapa di antaranya dibunuh. Tragedi itu lantas dikenang dengan sebutan Kristallnacht atau Malam Kristal karena banyak pecahan kaca pada peristiwa itu.

1945
Kelompok pemuda di Banjarmasin, Kalimantan Selatan bertempur melawan tentara Belanda yang dibantu tentara Australia yang ingin kembali menguasai wilayah Banjarmasin setelah mundurnya Jepang. Pertempuran itu juga dipicu upaya Belanda yang ingin merebut senjata-senjata milik Jepang yang telah disita para pemuda di Banjarmasin. Namun sayangnya, para pemuda di Banjarmasin itu berhasil dipukul mundur lantaran banyak di antara mereka yang gugur dan kurangnya perlengkapan tempur.

1948
Luiz Felipe Scolari lahir di Passo Fundo, Brasil. Ia merupakan pemain sepak bola yang berkarier sejak 1973 hingga 1981. Meski kariernya sebagai pemain tak terlalu cemerlang, ia sukses menjadi pelatih. Sebagai pelatih, ia telah mengantar Brasil menjuarai Piala Dunia 2002. Setelah itu, ia sempat melatih Portugal selama lima tahun. Pada 2012 lalu, Scolari kembali menjadi pelatih Tim Nasional Brasil hingga 2014.

1953
Kamboja meraih kemerdekaan penuh dari Prancis yang telah menguasainya selama 90 tahun. Setelah merdeka, Kamboja lantas menjdi kerajaan berbentuk monarki konstitusional hingga kini.

Alessandro Del Piero. (Juventus.com)
Alessandro Del Piero. (Juventus.com)

1974
Alessandro Del Piero lahir di Conegliano, Italia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola profesional yang pernah membela Juventus selama 19 tahun, yakni dari 1993 hingga 2012. Bersama Juventus, Del Piero telah mengemas 208 gol dari 513 penampilannya di Liga Italia. Sebelum memutuskan pensiun pada 2015 lalu, Del Piero sempat membela klub di Australia, Sidney FC, dari 2012 hingga 2014, dan salah satu klub di India, Delhi Dynamos, dari 2014 sampai 2015.

katasapa.com

Update Corona: 130 ODP dan 39 PDP Luar Daerah Dirawat di RS Solo

katasapa.com

Perempuan Hamil Pelaku Perjalanan Di Sragen Meninggal Pada Hari Ke-13 Karantina Mandiri

katasapa.com

Omnibus Law Mendadak Muncul di Perppu Corona Jokowi

katasapa.com

Tenang! Kredit di Atas Rp10 Miliar Juga Dapat Keringanan dari Bank

katasapa.com

Penutupan Jalan Utama Solo Baru Lebih Fleksibel, Warga Setempat Boleh Melintas Jika...

katasapa.com

Jekek: 58 Pemudik Wonogiri Jadi ODP Corona

katasapa.com

29 Orang Dites RDT Karena Kontak Dengan Pasien Positif Covid-19 Klaten, Hasilnya?

katasapa.com

Klaten KLB Corona, Guru SMKN 3 Gotong Royong Bikin Baju APD

katasapa.com

Petani Wonogiri Tiba-Tiba Jatuh dan Meninggal Saat Bekerja di Sawah

katasapa.com

Heboh SE Penutupan Jabodetabek, Ini Klarifikasi Kemenhub

katasapa.com

Karantina Wilayah atau PSBB Harus Izin Menkes Terawan, Tapi di Mana Dia?

katasapa.com

3.000 Ekor Ayam Mati Terendam Banjir di Sawahan Klaten

katasapa.com

Pandemi Corona, Pemkot Madiun Bakal Bagi-Bagi Sembako

katasapa.com

Hari Ini Dalam Sejarah: 2 April 1979, Antraks Mulai Serang Manusia

katasapa.com

Dampak Covid-19, Sejumlah Hotel di Cirebon Akan Tutup Sementara

katasapa.com

Jadi Sentra Kerajinan Batik Pewarna Alam, Kampung Kriyan Kota Cirebon Hasilkan Puluhan Motif

katasapa.com

Hasil Rapat Koordinasi, Masjid Raya At-Taqwa Tetap Melaksanakan Sholat Jumat

katasapa.com

Yayasan Cirebon Rerewang Berikan Bantuan Pangan Kepada Pekerja Harian

katasapa.com

Cegah Covid-19, Pos TNI AL Gebang Lanal Cirebon Edukasi Perilaku Hidup Sehat

katasapa.com

Wali Kota Cirebon Bahas Kemungkinan Pembatasan Sholat Jumat

katasapa.com

Pemain Liverpool Stres Tak Kunjung Juara, Disuruh Nafas Pakai Perut

katasapa.com

Samuel Umtiti Saingi Pemain Lille Demi Dapatkan Tempat di Chelsea

katasapa.com

Ide Gila Barca, Sekalian Beli Lautaro, Sekalian Buang Pemain 23 Tahun Ini

katasapa.com

Ibrahimovic Tinggalkan Milan

katasapa.com

Juventus Kembali Ajak Willian Reuni dengan Sarri

katasapa.com

Lorenzo Pellegrini Ungkap Yang Paling Dia Rindukan dari Sepakbola

katasapa.com

Fans Spurs Siap-siap Ucapkan Salam Perpisahan buat Harry Kane, Semua karena Mourinho

katasapa.com

Presenter Ini Sebut Pemerintah Bohong dalam Penanganan Covid-19

katasapa.com

Perawat di Medan Positif Covid-19, Diduga Tertular Pasien Corona di RS Tempatnya Bekerja

katasapa.com

Soraya Rasyid Ogah Bawa Hoaks Video Hot Dirinya ke Ranah Hukum