Sejarah Hari Ini: 9 November 1937, Jepang Kuasai Shanghai

kataSAPA.com

Solopos.com, SOLO Pada 9 November 1937, Jepang berhasil merebut kekuasaan di Shanghai dari Tiongkok. Jepang lantas menguasai Shanghai hingga akhir Perang Dunia II pada 1945.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-313hari ke-314 dalam tahun kabisatsesuai sistem Kelender Gregorian, 9 November. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 9 November yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 9 November:

1729
Inggris dan Spanyol menandatangani Perjanjian Sevilla di Sevilla, Spanyol. Perjanjian itu merupakan perjanjian damai untuk mengakhiri Perang Inggris-Spanyol yang berlangsung sejak 1727. Dari perjanjian tersebut, Inggris berhak berkuasa di Pelabuhan Mahon dan Gibraltar. Sebagai gantinya, Inggris harus memberikan dukungannya terhadap Ratu Spanyol Elisabeth Farnese untuk menguasai wilayah Parma di Italia.

1914
Pasukan Australia berhasil mengalahkan pasukan Jerman dalam pertempuran di perairan dekat Pulau Cocos di Samudera Hindia. Dalam pertempuran memperebutkan Pulau Cocos itu, kapal milik Jerman SMS Emden tenggelam setelah dibombardir kapal tempur HMAS Sydney milik Australia. Hingga kini, Pulau Cocos masih menjadi wilayah kekuasaan Australia, meski lokasinya lebih dekat dengan Pulau Jawa dan Sumatra di Indonesia.

Wilhelm II. (Wikiemdia.org)
Wilhelm II. (Wikimedia.org)

1918
Wilhelm II turun dari takhtanya sebagai kaisar Jerman yang telah ia pangku selama 20 tahun. Mundurnya Wilhelm II itu sekaligus menjadi tanda runtuhnya Kekaisaran Jerman yang lantas digantikan Republik Weimar. Beberapa wilayah kekuasaan Jerman juga lantas melepaskan diri setelah runtuhnya kekaisaran.

1931
Jenderal Mah Chang Shan dari Heilungkieng, Manchuria, Tiongkok mendeklarasikan perang terhadap Jepang. Hal itu dilakukan demi mengusir tentara Jepang yang telah menginvasi Manchuria sejak beberapa pekan sebelumnya. Namun, upaya itu gagal dan Jepang berhasil menguasai wilayah Manchuria serta membentuk negara boneka yang dinamai Manchukuo. Kini wilayah itu dikenal sebagai Tiongkok Timur Laut.

1937
Jepang berhasil merebut kekuasaan di Shanghai dari Tiongkok. Jepang lantas menguasai Shanghai hingga akhir Perang Dunia II pada 1945. Semasa Perang Dunia II, Shanghai merupakan satu-satunya kota di dunia yang menerima orang-orang Yahudi tanpa syarat.

1938
Orang-orang Nazi menyerbu toko-toko dan pusat usaha milik orang Yahudi serta sejumlah sinagoge di Jerman dan menimbulkan kerusuhan pada malam hari. Peristiwa itu berlangsung selama dua hari dan mengakibatkan 30.000 orang Yahudi ditawan dan beberapa di antaranya dibunuh. Tragedi itu lantas dikenang dengan sebutan Kristallnacht atau Malam Kristal karena banyak pecahan kaca pada peristiwa itu.

1945
Kelompok pemuda di Banjarmasin, Kalimantan Selatan bertempur melawan tentara Belanda yang dibantu tentara Australia yang ingin kembali menguasai wilayah Banjarmasin setelah mundurnya Jepang. Pertempuran itu juga dipicu upaya Belanda yang ingin merebut senjata-senjata milik Jepang yang telah disita para pemuda di Banjarmasin. Namun sayangnya, para pemuda di Banjarmasin itu berhasil dipukul mundur lantaran banyak di antara mereka yang gugur dan kurangnya perlengkapan tempur.

1948
Luiz Felipe Scolari lahir di Passo Fundo, Brasil. Ia merupakan pemain sepak bola yang berkarier sejak 1973 hingga 1981. Meski kariernya sebagai pemain tak terlalu cemerlang, ia sukses menjadi pelatih. Sebagai pelatih, ia telah mengantar Brasil menjuarai Piala Dunia 2002. Setelah itu, ia sempat melatih Portugal selama lima tahun. Pada 2012 lalu, Scolari kembali menjadi pelatih Tim Nasional Brasil hingga 2014.

1953
Kamboja meraih kemerdekaan penuh dari Prancis yang telah menguasainya selama 90 tahun. Setelah merdeka, Kamboja lantas menjdi kerajaan berbentuk monarki konstitusional hingga kini.

Alessandro Del Piero. (Juventus.com)
Alessandro Del Piero. (Juventus.com)

1974
Alessandro Del Piero lahir di Conegliano, Italia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola profesional yang pernah membela Juventus selama 19 tahun, yakni dari 1993 hingga 2012. Bersama Juventus, Del Piero telah mengemas 208 gol dari 513 penampilannya di Liga Italia. Sebelum memutuskan pensiun pada 2015 lalu, Del Piero sempat membela klub di Australia, Sidney FC, dari 2012 hingga 2014, dan salah satu klub di India, Delhi Dynamos, dari 2014 sampai 2015.

katasapa.com

Dicurigai Selewengkan Dana Desa, Kades Mlese Klaten Minta Maaf

katasapa.com

Sejarah Hari Ini: 19 November 1969, Pele Cetak Gol Ke-1.000

katasapa.com

Ulang tahun ke-8 CSB Mall Berlangsung Meriah, Undian Mobil hingga Penampilan Project Pop

katasapa.com

Patra Cirebon Hotel Siap Rayakan Malam Pergantian Tahun, Ini Konsepnya

katasapa.com

Sergio Busquets Tetap Kunci Bagi Barcelona dan Spanyol

katasapa.com

Zlatan Ibrahimovic Punya Pilihan 3 Klub Serie A

katasapa.com

Jose Mourinho Diperingatkan Jika Lukaku Bayi Raksasa

katasapa.com

Liverpool Pantau Pemain Didikan Sahabatnya di Schalke 04

katasapa.com

Lionel Messi Bertanding di Israel 18 Bulan Setelah Menolaknya

katasapa.com

Gianfranco Zola Puji Skuad Muda Chelsea, Terutama Wonderkid Satu Ini

katasapa.com

Willian Hentikan Negosiasi Kontrak di Chelsea Demi Barcelona

katasapa.com

Hasil PSM Makassar vs Persipura Jayapura 4-0, Tamu Menurun Lagi

katasapa.com

Liverpool Waspadai Crystanbul Terulang Lagi

katasapa.com

Lionel Messi vs Luis Suarez: Batu Loncatan Kualifikasi Piala Dunia 2022

katasapa.com

Polwan Cantik Ini Sidang Pranikah sebelum Aturan “Mengerikan” Berlaku

katasapa.com

Alibaba Terus Ekspansi setelah Jack Ma Pensiun

katasapa.com

Jangan Lupa Ya Ramalan Zodiak Besok Selasa 19 November 2019

katasapa.com

KAI Siagakan 1.191 Petugas untuk Amankan Natal dan Tahun Baru

katasapa.com

Anak-Anak di Perbatasan Lebih Memilih Sekolah ke Malaysia

katasapa.com

Perang dengan Owner Produk Kecantikan, Posisi Nikita Mirzani Digantikan Jedar?

katasapa.com

Kementan: Indonesia Taat Sebagai Negara Anggota WTO

katasapa.com

Dikandaskan Persita, Asa PSMS Naik ke Liga 1 Gagal Total! Musim Depan Tetap Liga 2

katasapa.com

15 Saksi yang Diperiksa KPK Dicecar Alasan Memberi Uang ke Dzulmi Eldin

katasapa.com

Polres Indramayu Ungkap Kasus Pencurian Motor Lintas Provinsi

katasapa.com

Beberkan Faktor Penyebab Kalahnya PSMS, Jafri Sastra : Ternyata Kami Hanya Sanggup di 8 Besar

katasapa.com

Sulsel Terima Pagu Rp52,8 Triliun, Gubernur Minta Serapan Anggaran Dipercepat

katasapa.com

Bocah Tewas Dipasung Orang Tuanya, Kondisinya Bikin Miris

katasapa.com

Warga Padati Pemakaman Jenazah Pelaku Bom Bunuh Diri, Keluarga Minta Maaf kepada Korban

katasapa.com

Kasus Bom Diri di Mapolrestabes Medan, Total 26 Tersangka di Sumut

katasapa.com

Devi Natalia dan Audi Pascalis, Penggagas Gerakan Hello Zerowaste