Juventus vs AC Milan: Bukan Lagi Grande Partita, tapi Sarat Emosi

kataSAPA.com

Sejatinya laga Juventus melawan AC Milan masuk kategori grande partita. Bersama Inter Milan dengan raihan 18 scudetto, keduanya merupakan pengoleksi gelar terbanyak (Juve 35 kali dan Milan 18 kali) di Serie A. Tetapi, sejak Milan terlempar dari perburuan juara pada musim 20122013, gaung pertemuan keduanya bak turun kasta. Kini Rossoneri bahkan lebih cocok disebut tim medioker yang bergelimang prestasi pada masa lalu. Sedangkan Juve menjadi juara bertahan dengan raihan delapan scudetto beruntun.

Bahkan, gap keduanya makin jauh musim ini. Juve yang kukuh sebagai capolista meraih 29 poin, unggul 16 angka atas Milan yang mengendap di peringkat ke-12. Itu jarak terjauh dalam sejarah pertemuan Milan dengan Juve. Start Milan musim ini dengan menelan enam kekalahan dari sebelas giornata juga yang terburuk dalam 78 tahun terakhir. Apalagi, kepercayaan diri Juve yang sedang tinggi setelah memastikan tiket ke fase knockout Liga Champions sesudah membabat Lokomotiv Moskva 2-1 pada matchday keempat (7/11).

Hanya, pertemuan antara Juve dan Milan yang ke-288 pada giornata ke-12 dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 02.45 WIB) sedikit berbeda. Musababnya adalah kapten Juve Leonardo Bonucci dan striker Gonzalo Higuain.

Ya, laga yang akan dihelat di Allianz Stadium nanti tak ubahnya seperti ajang pelampiasan setelah karir mereka sempat meredup saat memutuskan pergi ke Milan. Bonucci pada 20172018, sedangkan Higuain musim lalu.

Bonnibauer julukan Bonucci yang menjadi kapten Milan dua musim lalu ternyata gagal bersinar. Milan hanya finis di posisi keenam pada akhir musim. Ironisnya, di final Coppa Italia, Milan dikalahkan Juve dengan skor mencolok 0-4. Padahal, tiga musim sebelumnya dia selalu membawa Bianconeri julukan Juve menggamit double winners di ajang domestik. Sadar bahwa karirnya justru mundur bersama Milan, Bonucci memutuskan kembali ke Juve musim lalu dan langsung berujung scudetto pada akhir musim.

Higuain setali tiga uang. Kedatangan Cristiano Ronaldo musim lalu membuatnya terusir dari tim dan bersedia dipinjamkan ke Milan. Tetapi, kebersamaannya dengan Milan hanya bertahan enam bulan sebelum kembali dipinjamkan ke Chelsea. Meski produktivitasnya saat berkostum Milan cukup bagus (8 gol dan 3 assist), Pipita julukan Higuain tetap ingin pindah ke The Blues karena ada Maurizio Sarri. Musim ini Sarri menukangi Juve. Meski predikat striker utama masih menjadi milik Ronaldo, setidaknya Higuain sedikit tenang bersama Sarri. Sejauh ini dia sudah mencetak 3 gol dan mencatatkan 3 assist dari 13 laga.

Lihat satu saja pertandingan Milan (musim ini, Red) dan bersikap realistis. Saat ini Milan bahkan tidak mampu sekadar bermimpi (mengembalikan kejayaan mereka, Red), ucap eks allenatore Milan dan Juve Fabio Capello kepada La Gazzetta dello Sport.

Kondisi menyedihkan Milan musim ini diperburuk fakta bahwa allenatore Stefano Pioli belum pernah menang saat menghadapi Juve sepanjang karir kepelatihannya. Dari 17 pertemuan, eks pelatih Fiorentina dan Inter itu menelan 14 kekalahan dan 3 seri.

Itulah yang membuat pelatih 54 tahun tersebut termotivasi untuk membukukan vincere perdana melawan Juve dini hari nanti meski peluangnya nyaris nol. Salah satu perubahan yang bakal dilakukan Pioli adalah menerapkan formasi tiga bek. Padahal, sejak diterapkan dua musim lalu, skema tiga bek tidak terlalu berjalan mulus. Buktinya, dari 22 pertandingan di semua ajang, Milan hanya delapan kali menang. Sisanya, tujuh kali seri dan tujuh kali kalah. Kami adalah Milan dan tampil bak tim medioker jelas tidak bisa diterima. Kami harus bisa lebih berkorban demi Milan dengan sejarah besar dan Milanisti, kata wide attacker Milan Suso.

Perkiraan Pemain

Juventus (4-3-1-2): 1-Szczesny (g); 16-Cuadrado, 19-Bonucci (c), 4-De Ligt, 12-Alex Sandro; 8-Ramsey, 5-Pjanic, 14-Matuidi; 11-Costa; 21-Higuain, 7-Ronaldo
Pelatih: Maurizio Sarri

AC Milan (3-4-2-1): 99-Donnarumma (g); 43-Duarte, 13-Romagnoli (c), 68-Rodriguez; 12-Conti, 4-Bennacer, 33-Krunic, 19-Hernandez; 8-Suso, 10-Calhanoglu; 9-Piatek
Pelatih: Stefano Pioli

Wasit: Fabio Maresca
Stadion: Allianz Stadium
Live: RCTI pukul 02.45 WIB
Asian Handicap: 0:1 1/4

katasapa.com

Akses Lima Pintu Masuk Tol Arah Jakarta di Cirebon Dibatasi

katasapa.com

25 Tahun Telkomsel Konsisten Melayani Negri Untuk Terus Bergerak Maju Bersama Indonesia

katasapa.com

Chelsea Abaikan Klausul Buyback Winger Muda Sassuolo

katasapa.com

Liverpool Tak Rekrut Bek Kanan Baru Karena Pemain Ini

katasapa.com

Chelsea Bidik Bintang Porto yang Namanya Mirip Virus Gantikan Jadon Sancho

katasapa.com

Pendekatan Berbahaya Dortmund, Bener Kan Gol Bayern Akhirnya Terjadi

katasapa.com

Apa yang Bisa Fans Dapatkan pada Lanjutan NBA di Resort Disney?

katasapa.com

Permintaan Mobil Bekas Selama Ramadan 2020 Anjlok 40 Persen

katasapa.com

Penyebab Pedal Kopling Bergetar Saat Digunakan, Ini Cara Mengatasinya

katasapa.com

Pemkot Makassar Segera Berlakukan Konsep New Normal Berbasis Lokal

katasapa.com

Kendalikan OPT Lewat AW-IPM, Kualitas dan Kuantitas Ekspor Manggis Makin Manis

katasapa.com

BPPSDMP Kementan: Maksimalkan Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal

katasapa.com

Haedar Nashir: Tidak Boleh Lengah Atas Nama Berdamai dengan Covid-19

katasapa.com

GM Cabang Makassar : Pas Masuk Paotere Sesuai PD dan Kesepakatan Bersama

katasapa.com

Yusran Jusuf Segera Urai Kemacetan Balai Kota

katasapa.com

109 Tenaga Kesehatan Dipecat, Ombudsman: Terjadi Maladministrasi

katasapa.com

Yogya dan Wacana 'New Normal' di Tengah Pandemi

katasapa.com

Perjuangkan Kebenaran, Shalehan Rebut $10.000 Kontes Radio Singapura

katasapa.com

Miris! Jalan ke Tawangmangu Karanganyar Macet H+1 Lebaran

katasapa.com

Masyarakat Bandel, Kasus Covid-19 Diprediksi Meledak Setelah Lebaran

katasapa.com

1 Warga Positif Covid-19, DKK Sragen Terjunkan Tim Tracing ke Pringanom Masaran

katasapa.com

Video Tawangmangu Karanganyar Macet, Seluruh Objek Wisata Tutup

katasapa.com

Status KLB Corona Kota Solo Dievaluasi Pekan Ini, Lanjut Atau Dicabut?

katasapa.com

PSBB Tahap III Jakarta di Tengah Ancaman Arus Balik, Anies Ketar-Ketir

katasapa.com

Lebaran Saat Covid-19, Kendaraan Melintas di Sukoharjo Turun Drastis

katasapa.com

Pemudik Mau Keluar-Masuk Jakarta? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

katasapa.com

Pembatasan Dicabut, Jalan Lawu Karanganyar Dibuka Total Mulai Selasa

katasapa.com

Lebaran Hari Kedua, Solo Sepi Nyenyet

katasapa.com

Enggan Tilang Pemudik, Satlantas Klaten: Mereka Mau Putar Balik

katasapa.com

Kenormalan Baru