Pilot Tuduh Penumpang Mengumpat Maskapai, Garuda Indonesia Minta Maaf

kataSAPA.com

Solopos.com, JAKARTA -- Maskapai pelat merah Garuda Indonesia kembali menjadi sorotan lantaran insiden yang melibatkan pilot dan penumpang. Buntutnya, PT Garuda Indonesia menyampaikan permohonan maaf terkait insiden penumpang yang hampir ditahan karena dituding menghina maskapai itu.

Insiden itu kali pertama diungkapkan oleh penumpang bernama Jessica Wijaya melalui akun Twitternya, @jesswjk, Minggu (5/1/2020) lalu. Dia menceritakan suaminya dituduh menghina Garuda saat dia dan keluarga mengikuti penerbangan pesawat GA 404 rute Jakarta - Denpasar pada 4 Januari 2020 lalu.

PLT Direktur Utama Garuda Indonesia Fuad Rizal menyesalkan insiden tersebut, terlebih setelah beredarnya data pribadi penumpang.

"Kami juga menyesalkan beredarnya data pribadi penumpang dan keluarga sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Dapat kami pastikan bahwa hal tersebut bukan berasal dari Garuda Indonesia," kata Fuad melalui keterangan tertulis yang dikutip Solopos.com dari Suara.com, Sabtu (11/1/2010).

Fuad juga mengatakan telah berupaya menjalin komunikasi dengan penumpang bersangkutan untuk mengusahakan penyelesaian.

"Saat ini Garuda Indonesia sedang melakukan investigasi atas pilot dimaksud untuk mengetahui lebih lanjut dugaan apakah yang bersangkutan telah melampaui kewenangannya ketika bertugas atau telah bekerja sesuai prosedur," tandas Fuad.

Kronologi insiden penumpang hampir ditahan itu mencuat setelah dibagikan Jessica Wijaya dengan thread panjangnya. Insiden itu terjadi saat dia, suami, dan kedua anaknya turun di Bandara Ngurah Rai Denpasar. Tiba-tiba, ada 7-8 petugas Aviation Security dan Gapura (perusahaan ground handling Garuda), 3 orang pilot dan 6 orang pramugari.

Di lounge, seorang petugas Avsec meminta boarding pass mereka dan sang kapten (pilot) yang belum dia ketahui namanya muncul. Pilot itu meminta petugas untuk menahan Jessica dan keluarganya.

"dan kita JELAS banget denger captain bilang, "Tahan tuh semuanya!" dengan nada super arogan. wkwk. Yaudah, karena gue merasa aneh, gue keluar dong ke arah captainnya. "Ini ada apa ya?". Suami gue ngikutin dibelakang gue," tulis Jessica.

Perintah itu bahkan sampai diulang oleh sang pilot. Di situlah sang kapten menuding suaminya menghina Garuda Indonesia saat penerbangan. Mereka pun kaget mendengar tudingan itu.

"Suami gue blg, "Hah? Kapan kita menghina Garuda? Apa buktinya? Coba tunjukin ke saya." Captainnya bikin gesture manggil ke arah pramugari yang bergerombol di depan, lalu pramugari yang serving kami di business class dateng. Pramugarinya "Saya denger bapak blg garuda t*i"," kicau Jessica.

"Sampe sini sebenernya gue harusnya ketawa. Fasis amat kayanya men, ngedumel sm istri di kursi aja harus dipunish? Trs pramugarinya pergi dan Captainnya blg lagi 'Bapak itu udah menghina satu Garuda dengan blg Garuda t*i!'"

Rupanya, kejadian yang dimaksud sang pilot berawal momen sang suami berusaha meminta izin ke toilet karena anaknya ingin buang air besar. Tapi hal itu tidak dizinkan oleh pramugari dengan alasan keamanan. Mendapat respons tersebut suami Jessica sempat dibuat kesal hingga menggerutu di kursi penumpang.

"Gue jd kesel, gue blg aja. "Yaudah bapak kan blg direktur operasional, kebetulan bapak saya kenal dgn Pak Chairul dan Pak Chairal, gmn kalo saya telpon skrg?" At this point si Captain melengos terus pergi. Disini udah bnyk bgt petugas avsec yg ngerubungin kita spt kita penjahat,"lanjut Jessica.

"Gila kan? Gue telp bokap gue, request dia masuk lagi. Terus captain udah pergi, baru orang ground Garuda dateng. Gue jelasin permasalahannya dan gue blg gue akan eskalasi ini ke pak Chairal, mukanya apologetic banget. Mereka langsung berubah 180 derajat. Bokap gue masuk lagi," kata dia.

Setelah mereda, Jessica menanyakan identitas sang pilot yang telah menahan mereka tadi. Namun para kru tak ada yang mengungkapkannya.

Maaf ya mbak, mohon maaf sekali kami bukannya ga mau, tapi ga bisa. Nanti kami yang kena. Saya juga cuma kerja disini, tulis Jessica menirukan ucapan seorang kru.

Jessica dan keluarga tidak jadi ditahan. Terbaru, Jessica juga menyampaikan pihak Garuda Indonesia telah meminta maaf kepadanya.

"Update: kemarin dan hari ini, perwakilan dari Garuda yaitu PLT CEO Pak Fuad Rizal, PLT Direktur Operasional Pak Tumpal Hutapea, captain Widi Armiadi, FA Ni Wayan Seiko sdh menemui gue dan suami gue untuk meminta maaf," tulisnya, Jumat (10/1/2020).

katasapa.com

Guru SD Cabuli Muridnya Hingga 19 Kali

katasapa.com

Soal Dugaan Upaya Merintangi Penyidikan Politikus PDIP, Begini Tangggapan KPK

katasapa.com

Pelajar SMA Bunuh Begal, Jaksa Agung Minta Dikembalikan ke Orang Tua

katasapa.com

Modus Penipuan dengan Penggantian SIM Card, Begini Penjelasan Kemenkominfo

katasapa.com

Pembangunan Tiga Bendungan di Jawa Timur Untuk Memenuhi Misi Ketahanan Pangan dan Air

katasapa.com

Perusakan Hutan Karanganyar: Polisi Tetapkan Pelaksana Proyek Sebagai Tersangka

katasapa.com

Todong Pemilik Rumah, Perampok Di Sragen Babak Belur Dihajar Massa

katasapa.com

Dokter PNS RSUD Gemolong Datang Pukul 11.00 WIB, Bupati Sragen: Etikanya Bermasalah!

katasapa.com

Pecat Helmy Yahya, Dewas TVRI Anggap Liga Inggris Tak Nasionalis

katasapa.com

Eman-Eman, Ganjar Ingin Bekas Keraton Agung Sejagat Jadi Objek Wisata

katasapa.com

Keren! Begini Penampakan Desain Flyover Purwosari Solo

katasapa.com

Hari Ini Dalam Sejarah: 22 Januari 1517, Kesultanan Ottoman Taklukkan Kesultanan Malmuk

katasapa.com

Friday Forum ACS Bahas Toleransi

katasapa.com

Akibat Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Perumahan Gamel Terendam

katasapa.com

Grage Grand Business Hotel Cirebon Luncurkan Promo Menarik Untuk Food and Beverage

katasapa.com

Bali United Tersisih! Mantan Pemain PSM Makassar Hampir Cetak Gol

katasapa.com

Mbappe Impikan Raih Liga Champions, Euro dan Olimpiade

katasapa.com

Gaji Tinggi Bisa Hadang Kepindahan Cavani ke Chelsea

katasapa.com

Real Madrid Berpeluang Lepas Bek Mudanya ke Bayern Munchen

katasapa.com

De Ligt Maklumi Kemarahan Fans Juventus

katasapa.com

Quique Setien Peringatkan Pemain Barcelona Soal Tiga Trofi

katasapa.com

Januzaj Siap Terima Pinangan Milan

katasapa.com

Liverpool Umumkan Banderol Shaqiri, Tapi Tak Berlaku di Bulan Ini

katasapa.com

Reinier Jesus, Rekrutan Januari Termahal Real Madrid

katasapa.com

Liverpool Klub Tebersih di Eropa, Real Madrid ke-169

katasapa.com

Ditangani 3 Dokter Ahli, Begini Proses Ikan Sori Dikeluarkan dari Leher Idul

katasapa.com

Peluang GBT Jadi Venue Piala Dunia U-20 Kembali Terbuka

katasapa.com

Kondisi Terkini Idul Pasca Operasi Pengangkatan Moncong Ikan Sori di Lehernya

katasapa.com

Penganiayaan Siswi SMP dalam Kelas di Pangkep Viral di Medsos

katasapa.com

4 Sindikat dan 26 Pelaku Curanmor Ditangkap Polres Cianjur, Barang Buktinya Wow…