Sensasi Xiaomi Mi Note 10 Pro, Ponsel Kamera 108 MP Pertama di Dunia

kataSAPA.com

Xiaomi Mi Note 10 resmi hadir di pasar Indonesia awal Januari lalu. Smartphone yang meluncur perdana pada 2020 ini diakui memiliki keunggulan pada sektor kameranya. Yakni mengusung lima kamera dengan salah satu sensornya berukuran 108 MP pertama di dunia.

Di Indonesia, Xiaomi Mi Note 10 memiliki hanya memiliki satu varian, yakni RAM/ROM 8/256 GB. sendiri telah menjajal smartphone yang dibanderol Rp 6,999 juta itu selama beberapa hari belakangan.

Bagaimana sensasi menggunakan ponsel yang dikatakan sebagai flagship terbaru Xiaomi tersebut? Berikut review Mi Note 10 Pro.

Kelengkapan smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro. (Fadhil Al Birra/)

Kelengkapan

Sebagai pembuka, kami akan menyoroti dari boks Mi Note 10 Pro. Kemasan luar tampil elegan terbuat dari bahan kardus tebal berwarna hitam. Bagian depan terdapat tulisan Note 10 Pro dengan warna metalik berikut logo Xiaomi di kanan atas.

Pada sisi atas sebelah kiri terdapat stiker garansi resmi Xiaomi, juga tulisan kami buatan Indonesia. Bagian belakangnya terdapat informasi perangkat termasuk spesifikasi singkat, serta petunjuk penting lainnya.

Secara keseluruhan, boks Mi Note 10 Pro tampil elegan. Kesan mewah pun tersemat pada smartphone yang dibanderol Rp 6,999 juta itu. Selanjutnya, ketika boks dibongkar, kami mendapati unit Mi Note 10 Pro beserta aksesori lainnya tertata rapi dalam kotak.

Ada storage sub-boks kecil berisi jelly case tambahan untuk pelindung smartphone. Ada pula buku panduan penggunaan ponsel beserta kartu garansi, serta tak lupa SIM ejector.

Pada lapisan paling bawah dalam boks, terdapat perangkat pendukung lainnya. Di antaranya, kabel konektor daya dan transfer data Type-C beserta kepala charger. Selain yang disebutkan di atas, tidak ada lagi aksesori lain dalam boks penjualan Mi Note 10 Pro.

Perangkat headset absen dari kotak pembelian Mi Note 10 Pro. Hal ini mungkin untuk menekan harga agar lebih murah. Tidak heran, Xiaomi memang sering tidak menyediakan earphone pada produk ponselnya. Hal ini mungkin juga untuk memberi kebebasan pengguna agar bisa memilih earphone sesuai keinginannya. Mengingat saat ini ketersediaan earphone di pasaran sangat beragam fitur dan variannya.

Desain sisi kiri Xiaomi Mi Note 10 Pro. (Fadhil Al Birra/)

Desain

Desain Mi Note 10 Pro hadir lumayan mewah. Perangkat yang kami review memiliki desain berwarna putih. Xiaomi menyebutnya glacier white. Pilihan warna lainnya yakni midnight black dan aurora green. Seluruh warna tampil menawan dan berkilauan. Kamu bisa memilihnya sesuai selera.

Bagian kanan dan kiri layar didesain sedikit melengkung membuat perangkat tampil lebih elegan. Bagian sisi-sisi perangkat pun dibalut dengan sentuhan logam. Sedangkan sisi belakang terbuat dari plastik yang tampil mengkilap.

Perlu diperhatikan bahwa bodi berkilauan khas smartphone kekinian memiliki kekurangan lantaran mudah kotor. Bekas cap tangan mudah membekas di bodi. Beruntung, Xiaomi memberikan jelly case pada boks pembelian. Jadi, casing pelindung itu sebaiknya selalu melekat di ponsel.

Untuk ukuran ponsel sendiri pas dalam genggaman tangan orang dewasa. Tidak terlalu besar maupun kekecilan. Kami suka dengan desain sisi tubuh yang sedikit melengkung. Bukan hanya membantu cengkeraman jadi lebih baik, desain demikian juga menjadikan perangkat lebih elegan dan tampil beda.

Desain sisi kanan Xiaomi Mi Note 10 Pro. (Fadhil Al Birra/)

Xiaomi memasang kamera utamanya dalam susunan vertikal di sisi kiri atas punggungnya. Terdapat tulisan 108 MP dan 5x optical sebagai keterangan bahwa kamera menggunakan sensor 108 MP dan pembesaran hingga 5 kali.

Ada sedikit tonjolan di tempat kameranya. Tidak mengganggu penampilan memang, namun terkadang membuat was-was. Desain demikian mungkin untuk mencegah gesekan langsung mata kamera dengan benda-benda keras. Saran kami, jelly case harus selalu menempel pada perangkat guna mengurangi tonjolan kameranya sehingga lebih aman.

Di bawah kamera utamanya tampil polos. Hanya terdapat tulisan Xiaomi di sisi kirinya sebagai identitas. Tidak sensor sidik jari atau fingerprint di bagian fisik. Mi Note 10 Pro mengusung fingerprint sensor atau sensor sidik dalam layar alias in-display fingerprint sensor.

Kemudian pada sektor layar, Note 10 Pro mengusung layar AMOLED dengan desain takik atau dot drop pada bagian atasnya. Pada area takik atau notch terdapat kamera selfie dan earpiece alias speaker untuk kebutuhan menelepon.

Layarnya sendiri memiliki luas 6,47 inch dengan resolusi Full HD+ 23401080 piksel 398 PPI dan aspek rasio 19,5:9. Tidak hanya diberikan dukungan HDR10, Xiaomi turut menyelimutinya dengan kaca Gorilla Glass 5.

Desain sisi bawah Xiaomi Mi Note 10 Pro. (Fadhil Al Birra/)

Pada sisi kiri Mi Note 10 Pro tidak terdapat tombol apa pun. Tombol pengaturan volume updown dan tombol power atau pembuka kunci berada di sisi kanan. Termasuk slot tempat dual SIM card dan MicroSD.

Pada bagian sisi atasnya hanya terdapat lubang sensor IR Blaster atau infra red yang bisa digunakan sebagai remote control untuk TV, AC, dan perangkat lainnya. Sedangkan pada bodi bawah terdapat jack headphone, USB Type-C di tengah, serta lubang speaker di sisi kanannya.

Dari aspek desain dan layar, Mi Note 10 Pro terbilang apik. Sentuhan logam pada sisi-sisi perangkat dan desain layar melengkung membuatnya tampil elegan. Layarnya pun bisa tampil dengan baik juga responsif. Bagian depan layar tidak ada tombol fisik. Fungsi tombol Home, Recent Apps, dan Back, tersedia menyatu dalam layar sebagai tombol virtual.

Performa

Aspek selanjutnya yang kami jajal adalah urusan performa. Mi Note 10 Pro mengadopsi prosesor Qualcomm Snapdragon 730G Octa-core (22.2 GHz Kryo 470 Gold + 61.8 GHz Kryo 470 Silver). Huruf G pada 730G menandakan bahwa chipset ini didukung dengan fitur Elite Gaming dari Qualcomm untuk menopang pengalaman gaming yang baik.

Chipset Sapdragon 730G menggunakan proses 8nm yang diklaim bakal lebih efisien. Chipset ini terdiri dari 8 core dengan kecepatan 2.2 GHz. Kinerja CPU Snapdragon 730G sendiri diklaim menawarkan upgrade hingga 35 persen dan kemampuan render gambar 25 persen lebih baik jika dibandingkan dengan Snapdragon 710.

Untuk pengolah grafis dipercayakan pada Qualcomm Adreno 618 yang menjanjikan pengalaman gaming lebih smooth dan lebih stabil di fps tinggi. Speksifikasi tersebut dipadankan dengan RAM besar 8GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Kemudian merujuk sistem operasinya, Mi Note 10 Pro secara default terlahir dengan sistem Android versi 9 (Pie) dipadu dengan antar muka atau user interface (UI) MIUI 11. Hasil uji benchmark dengan AnTuTu yang kami coba, Mi Note 10 Pro mampu menembus skor 269 ribuan.

Dengan kombinasi antara prosesor dan pengolah grafis juga media penyimpanan ini, kami cukup menikmati selama menggunakan Mi Note 10 Pro. Kinerjanya cukup baik, juga hemat energi. Aktivitas harian menjadi nyaman karena smartphone tak perlu sering-sering di-recharge. Tidak heran, ponsel ini mengusung baterai 5260 mAh.

Urusan multitasking Mi Note 10 Pro pun boleh dibilang lumayan baik. Berganti-ganti dari satu aplikasi ke aplikasi lain berjalan lancar. Kebutuhan entertainment dengan kamera foto dan video bisa terpenuhi. Sangat membantu untuk aktivitas sehari-hari, begitu pun untuk kebutuhan media sosial.Kamera utama Mi Note 10 Pro juga mendukung pengambilan video hingga resolusi UHD atau 4K.

Yang membuat kami suka lagi adalah Mi Note 10 Pro sudah dilengkapi fitur Near Field Communication (NFC). Fitur tersebut belakangan kian populer lantaran tidak hanya untuk transfer data, namun NFC bisa pula untuk melakukan pembayaran tanpa uang tunai alias cashless. Ke depan, fitur NFC ini dipercaya bakal semakin populer.

Smartphone Xiaomi Mi Note 10. (Fadhil Al Birra/)

Gaming

Aspek gaming saat ini juga penting bagi konsumen. Smartphone dengan kemampuan tersebut kini banyak diminati. Berbekal spesifikasi yang kami beberkan di atas, Mi Note 10 Pro layak diajak bersenang-senang saat main game.

Smartphone Mi Note 10 Pro untuk kebutuhan gaming kami jajal dengan beberapa game sekaligus. Pertama kami menjajal dengan game populer PUBG Mobile. Lewat game ini, perangkat menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Setting grafisnya secara default langsung menempati rata kanan. Gambar visualnya pun tidak patah-patah. Selanjutnya game Asphalt 9 atau Need For Speed No Limits, hasilnya tidak jauh berbeda. Hal ini wajar. Meski Xiaomi tidak melabeli sebagai smartphone gaming, namun menurut kami, Mi Note 10 Pro terbilang bisa menjawab kebutuhan gaming.

Daya Tahan, Baterai, dan Fitur Keamanan

Berikutnya kami menyoroti sektor daya baterai dan keamanan. Seperti sudah disinggung sebelumnya, Mi Note 10 Pro membawa baterai besar, yakni 5260 mAh. Pengalaman kami, daya baterai segitu, ponsel sanggup bertahan hampir dua hari pada penggunaan normal. Dalam hal ini, menjalankan aktivitas media sosial dan bermain game dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi.

Namun jika digunakan full untuk bekerja, menjalankan banyak aplikasi chatting, sosial media, push email, tethering hotspot, bermain game, menonton video, mendengar musik, hingga berfoto ria, Mi Note 10 Pro sanggup bertahan seharian penuh.

Menariknya lagi, dari sektor pengisian baterai, Mi Note 10 Pro sudah menggunakan port USB Type-C selayaknya ponsel kelas premium. Untuk pengisian baterai sendiri juga sudah megusung teknologi fast charging alias pengisian cepat 30 Watt. Kami menjajalnya mengisi baterai dari 10 persen hingga 100 persen hanya butuh waktu satu jam lebih.

Sementara untuk keamanannya, Mi Note 10 Pro hadir dengan fitur yang terbilang komplet. Sebut saja fitur face unlock dan fitur keamanan biometrik seperti fingerprint scanner. Sensor sidik jarinya ini tersemat dalam layar alias in-display fingerprint sensor. Sistem keamanan tersebut merupakan pelengkap dari yang sudah ada seperti nomor sandi dan pola.

Desain kamera depan Xiaomi Mi Note 10 Pro. (Fadhil Al Birra/)

Fotografi

Tak dipungkiri bahwa Mi Note 10 Pro memiliki keunggulan dari sektor fotografi. Bukan tanpa alasan, perangkat ini dibekali lima kamera yang tersemat di punggungnya. Bahkan kamera utamanya menggunakan lensa 8P dengan sensor berukuran 108 MP Samsung ISOCELL Bright HMX.

Mi Note 10 Pro menjadi ponsel pertama di dunia yang mengusung ukuran sensor tersebut. Rincian kameranya, antara lain, sensor 108 MP (f/1.69), ultra-wide 20 MP (f/2.2), dan 12 MP depth (f/2.0) 2x optical zoom. Kemudian ada kamera telephoto 5MP (f/2.0) hybrid 10x optical zoom dan makro 2 MP.

Urusan selfie, kamera depan Mi Note 10 Pro menggunakan sensor berukuran 32 MP. Xiaomi menempatkannya di notch tetesan air.

Desain kamera utama Xiaomi Mi Note 10 Pro. (Fadhil Al Birra/)

Untuk memaksimalkan pengalaman fotografi, kamera Mi Note 10 Pro juga memiliki fitur Artificial Intelligence (AI). Antarmuka kameranya terbilang mudah. Beberapa mode dapat ditemukan di bagian bawah, seperti slow motion, short video, video, photo, 108M, portrait, night, panorama, dan pro.

Sementara pada bagian atas layar dalam orientasi gambar portrait, tersedia pilihan aktivasi LED flash, mode HDR, AI, filter, dan pengaturan lainnya dapat pula digunakan untuk kebutuhan mengambil foto. Pada kamera depan mode dan fiturnya kurang lebih sama seperti halnya kamera belakang.

Dari aspek kamera, hasil jepretan Mi Note 10 Pro terbilang baik. Warna yang dihasilkan pun sangat apik. Cukup natural dengan kecerahan dan detail yang terbilang tajam. Begitu juga saat foto malam hari maupun kondisi cahaya minim. Hasil bidik tidak mengecewakan dan masih tertolong berkat mode Night.

Secara keseluruhan, kualitas kamera Mi Note 10 Pro terbilang oke dan sangat cukup untuk kebutuhan berfoto ria. Fitur foto Makronya pun kami suka. Pengalaman kami, jarak mata kamera dengan obyek mampu menyentuh hingga satu sentimeter. Hasil jepretannya bisa dilihat akhir artikel.

Berikut foto-foto hasil kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro Pro dalam berbagai situasi: (Foto: Fadhil Al Birra/)

katasapa.com

Berbagi Bahagia di Kampung Muka

katasapa.com

Martin Braithwaite Dipuji Fans Beri Dampak Besar pada Barcelona

katasapa.com

Arturo Vidal Sukses Hidupkan Barcelona.. Sebagai Winger!

katasapa.com

Barcelona Jalani Tes Coronavirus Setibanya di Napoli

katasapa.com

Hasil Genoa vs Lazio Skor 2-3, Si Elang Harus Menang Susah Payah

katasapa.com

Real Madrid Tanpa Eden Hazard dalam Rentetan Laga Ini

katasapa.com

Tiga Gol yang Bikin Jengkel Watford Bawa Manchester United Menang

katasapa.com

Liverpool Lanjutkan Pertarungan Kontra Empat Tim Lemah

katasapa.com

Barcelona Bawa Martin Braithwaite ke Napoli

katasapa.com

Ngeri! Dua Truk Tabrakan Timpa Odong-odong, Belasan Anak Jadi Korban, 1 Tewas di Tempat

katasapa.com

Dikhianati Asistennya, Dewi Perssik : Lebih Pelihara Kucing daripada Orang Enggak Tahu Diri

katasapa.com

Bukti Cinta

katasapa.com

Unggah Wajah Lucunya, Ayu Ting Ting Dipuji Aktor Turki yang Sempat Dikabarkan Dekat Dengannya

katasapa.com

Rebutan Kursi, Emak-emak Hajar Cewek di KRL, Nangis Dijambak dan Ditampar

katasapa.com

Begini Kronologis Kecelakaan Maut Dua Truk Hingga Seruduk Odong-odong di Binjai

katasapa.com

Daftar Korban Penumpang Odong-odong yang Ditimpa Usai Dua Truk Tabrakan

katasapa.com

Insiden Ratusan Anggota Pramuka Hanyut di Sungai, Mahfud MD Minta Jangan Takut Berkegiatan Lagi, tapi…

katasapa.com

Sandhy Sondoro Dilaporkan Gara-gara Sebut Monster Berhijab Ngamuk di KRL

katasapa.com

Sopir Truk Maut Penabrak Odong-odong di Binjai Ditetapkan Tersangka

katasapa.com

Pemerintah Bakal Perluas Target Cukai pada Sektor Industri

katasapa.com

Foto di dalam Pabrik Narkoba di Bandung, Benar-benar Pabrik

katasapa.com

Putra Dharmawangsa Buka Asa Melaju dari Pool A

katasapa.com

Transportasi Publik di Kazakhstan Yang Online Bisa, Yang Nebeng Ada

katasapa.com

Greysia/Apriyani Juara Barcelona Spain Masters 2020 Setelah Bertarung 95 Menit

katasapa.com

Di Ruang Karaoke yang Gelap, Siswi Digilir Libatkan Karyawan Wak Genk

katasapa.com

MU Gasak Watford, Dua Pemain Dipuji Solskjaer

katasapa.com

Warga Jabodetabek Diimbau Waspada Menghadapi Potensi Hujan Ekstrem

katasapa.com

Tragedi Susur Sungai: Rencana Ulang Tahun Berakhir Duka

katasapa.com

BATIK DANARHADI PAYDAY SALE – DISCOUNT 20% + 02%

katasapa.com

Pakar: Mirip Orde Baru, Omnibus Law Anggap Pers Penghambat Investasi