Tahun ke-5 Jadi Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab Siap Rangkul Generasi Muda

kataSAPA.com

Jakarta - Presenter Najwa Shibab kembali melakukan penandatanganan nota kesepemahaman (Memorandum of Undestanding/MoU) dengan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI,Muhammad Syarif Bando. Acara itu merupakan perpanjangan Najwa sebagai Duta Baca Indonesia yang masuk tahun kelima.

Najwa Shibab dipercaya Perpusnas sebagai Duta Baca Indonesia sejak 2016. Duta Baca Indonesia adalah program unggulan dari Perpusnas yang bertujuan membumikan kegemaran membaca masyarakat melalui percontohan public figure. Pada 2020 ini, Duta Baca Indonesia diharapkan kembali bisa membumikan literasi informasi secara masif ke seluruh penjuru Nusantara, khususnya ke generasi muda.

Dalam siaran pers yang diterima Kepala Perpusnas RI Syarif Bando mengatakan, berbagai indikator kegemaran membaca masyarakat Indonesia semakin meningkat. Perhatian masyarakat dan pemerintah daerah pun kian meningkat dilihat dari maraknya kegiatan-kegiatan literasi di seluruh daerah.

"Kami sangat mengapresiasi atas semua kinerja Najwa Shibab sebagai Duta Baca Indonesia yang sangat banyak mengubah wajah pengembangan literasi di Indonesia saat ini. Perpusnas kini lebih banyak dikenal, salah satunya berkat Mbak Najwa," ungkap Muhammad Syarif Bando di Ruang Teater Gedung Perpustakaan Nasional RI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Dalam kesempatan itu, Syarif Bando menyinggung tentang pentingnya literasi di kalangan generasi muda, karenanya esensi literasi sangat diperlukan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Inovasi-inovasi lahir dengan membaca, perbedaan petani mangga yang membaca dengan yang tidak membaca terlihat dari hasil panennya.

"Jika dalam sekali panen petani tersebut memanen banyak mangga, itu menunjukkan petani yang membaca dan menemukan rekayasa genetika tanaman mangga dari buku yang dibacanya, jelas Syarif Bando.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Woro Titi Haryanti mengatakan, pada 2019 yang lalu, Duta Baca Indonesia, sudah hadir dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan di Jakarta maupun di daerah sebanyak total 12 titik. Pada setiap kegiatan pun selalu dihadiri masyarakat.

Generasi Muda

Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab berbincang dengan Kimong pemilik bemo yang dijadikan perpustakaan di RTPRA Kalijodo, Jakarta, Selasa (2/5). (/Yoppy Renato)
Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab berbincang dengan Kimong pemilik bemo yang dijadikan perpustakaan di RTPRA Kalijodo, Jakarta, Selasa (2/5). (/Yoppy Renato)

Kehadiran Duta Baca Indonesia di setiap daerah merupakan bentuk nyata penyampaian inspirasi budaya membaca bagi masyarakat. Dengan banyaknya masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan Duta Baca Indonesia ini dapat diindikasikan sebagai besarnya perhatian masyarakat terhadap figur inspiratif yang merupakan salah satu representasi Perpustakaan Nasional.

Banyaknya masyarakat yang hadir, maka mereka akan yang tertular dengan virus-virus membaca yang ditularkan oleh Duta Baca Indonesia. Dengan begitu, indeks literasi dan kegemaran membaca dalam jangka panjang akan terus meningkat seiring dengan waktu dan kegiatan yang telah dilaksanakan, kata Woro.

Menurut Woro, selain kegiatan Duta Baca Indonesia di daerah, DBI juga telah melakukan langkah yang besar dengan berbagai instansi untuk membentuk Indonesia yang gemar membaca melalui berbagai sarana. Ia mengapresiasi promosi digital yang dilakukan Duta Baca Indonesia.

Pada 2019 lalu, Duta Baca Indonesia tidak pernah berhenti mempromosikan pembudayaan kegemaran membaca melalui sosial media. Dengan followers Facebook sekitar satu juta, subscriber YouTube empat juta dan dan followers Instagram sebanyak 8,3 juta. Hal tersebut sungguh menjadi peluang dan arah baru bagi pengembangan pembudayaan kegemaran membaca di Indonesia, khususnya melalui media digital, lanjut Woro.

Muhammad Syarif Bando menambahkan, pada 2020 ini, Perpustakaan Nasional RI terus berusaha lebih keras dalam membudayakan literasi informasi, termasuk di dalamnya adalah kegemaran membaca masyarakat Indonesia. Keterlibatan generasi muda juga menjadi tujuan utama untuk menjadikan perpustakaan sebagai rumah yang nyaman bagi mereka yang mau berubah.

Najwa Shihab mengaku senang, dengan kelanjutan kerjasama dirinya dengan Perpusnas ini tidak terasa sudah masuk tahun kelima. Tahun 2020 diharapkan dirinya dan Perpusnas bisa memaksimalkan kegiatan untuk menyasar generasi muda.

Insya Allah tahun ini kita akan banyak bergerak ke daerah dan menebarkan kecintaan generasi muda terhadap literasi, katanya.

Saat ini Duta Baca Indonesia kian melekat kepada dirinya, bahkan sekarang kata literasi sudah banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Ia sangat berkomitmen untuk membuat masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda lebih mencintai kegiatan membaca buku.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

katasapa.com

Barcelona Bahkan Berpikir Bisa Jual Braithwaite Saat Negosiasi

katasapa.com

Chelsea Khawatir Kondisi N’Golo Kante Jelang Hadapi Tottenham Hotspur

katasapa.com

Musprov VII Kadin Sulsel, Ini Syarat Jadi Ketua

katasapa.com

Neraca Perdagangan Sektor Pertanian Mengalami Surplus

katasapa.com

Pemda Lutra Alokasikan Dana Rp11 M untuk Jalan Munte

katasapa.com

Hasil Survei Terkini: Cuma 21,4 Persen Warga Serang Kenal Ratu Tatu, Kalah Sama Eki Baihaki, Kok Bisa?

katasapa.com

Anggota DPRD Kunjungi Kantor Komisi Informasi Banten, Laporan PPID 2019 Disampaikan

katasapa.com

Peringatan Saiful Jihad Soal Netralitas ASN di Pemilihan

katasapa.com

12 Tahun Berambut Panjang, Maia Estianty Putuskan Potong Pendek, Disebut Mirip Victoria Beckham

katasapa.com

Asisten Nia Ramadhani Ditipu Saat Pesan Via GoFood, Tabungannya Terkuras Hingga Jutaan Rupiah

katasapa.com

Mbah Mijan Mimpi Artis Senior yang Juga Anggota Dewan Bakal Cerai, Sinyalnya ke KD?

katasapa.com

Sumut Dukung Swasembada Daging, Mentan RI Luncurkan Sikomandan di Sergai

katasapa.com

Serius Bawa Kasus Dugaan Pelecehan Dedy Susanto ke Ranah Hukum, Revina Resmi Gandeng Pengacara

katasapa.com

Cegah Importir Nakal, Penegak Hukum Diminta Selidiki Penerbitan RIPH

katasapa.com

Besok, None Masukkan Surat Cuti di Luar Tanggungan Negara

katasapa.com

Anggota Legislatif Komisi V DPRD Jabar Dorong Pemprov Tingkatkan IPP Jawa Barat

katasapa.com

Meski Tampil Luar Biasa di Kuarter Pertama, Timnas Indonesia Kandas

katasapa.com

Toyota Yaris SUV Bakal Diungkap Di Geneva Motor Show 2020

katasapa.com

Menengok Fitur Baru Toyota New Alphard dan New Vellfire

katasapa.com

KPK Jawab Tudingan Haris Soal Status Buron Mafia Kasus MA

katasapa.com

Preview Club Brugge vs MU: Tuan Rumah Menggertak

katasapa.com

Refleksi Hari Jadi Ke-60, Menuju Kabupaten Barru Lebih Baik

katasapa.com

Terkait Rancangan UU Cipta Kerja, Ini Pernyataan Sikap PWI

katasapa.com

Empat WNI Positif Virus Korona, 74 Lainnya Tunggu Hasil Tes

katasapa.com

Kampus Khusus Difabel, Kesetaraan Pendidikan untuk Pelajar Berkebutuhan Khusus

katasapa.com

Pemerintah Diminta Segera Tarik TNI/Polri dari Nduga

katasapa.com

Pilkada Solo: Berharap Pengumuman Rekomendasi Lebih Cepat, Purnomo Hanya Bisa Pasrah

katasapa.com

Plus Minus Terapi Emsculpt Bentuk Otot Instan Ala Ashraf Sinclair

katasapa.com

5 Pejabat Pemkab Sukoharjo Diperiksa Bawaslu, Ada Apa?

katasapa.com

Kunjungi Wonogiri, Gubernur Ganjar Nginep di Istana Parnaraya Lalu Menikmati Kitagawa Pesona Bali