Tahun ke-5 Jadi Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab Siap Rangkul Generasi Muda

kataSAPA.com

Jakarta - Presenter Najwa Shibab kembali melakukan penandatanganan nota kesepemahaman (Memorandum of Undestanding/MoU) dengan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI,Muhammad Syarif Bando. Acara itu merupakan perpanjangan Najwa sebagai Duta Baca Indonesia yang masuk tahun kelima.

Najwa Shibab dipercaya Perpusnas sebagai Duta Baca Indonesia sejak 2016. Duta Baca Indonesia adalah program unggulan dari Perpusnas yang bertujuan membumikan kegemaran membaca masyarakat melalui percontohan public figure. Pada 2020 ini, Duta Baca Indonesia diharapkan kembali bisa membumikan literasi informasi secara masif ke seluruh penjuru Nusantara, khususnya ke generasi muda.

Dalam siaran pers yang diterima Kepala Perpusnas RI Syarif Bando mengatakan, berbagai indikator kegemaran membaca masyarakat Indonesia semakin meningkat. Perhatian masyarakat dan pemerintah daerah pun kian meningkat dilihat dari maraknya kegiatan-kegiatan literasi di seluruh daerah.

"Kami sangat mengapresiasi atas semua kinerja Najwa Shibab sebagai Duta Baca Indonesia yang sangat banyak mengubah wajah pengembangan literasi di Indonesia saat ini. Perpusnas kini lebih banyak dikenal, salah satunya berkat Mbak Najwa," ungkap Muhammad Syarif Bando di Ruang Teater Gedung Perpustakaan Nasional RI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Dalam kesempatan itu, Syarif Bando menyinggung tentang pentingnya literasi di kalangan generasi muda, karenanya esensi literasi sangat diperlukan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Inovasi-inovasi lahir dengan membaca, perbedaan petani mangga yang membaca dengan yang tidak membaca terlihat dari hasil panennya.

"Jika dalam sekali panen petani tersebut memanen banyak mangga, itu menunjukkan petani yang membaca dan menemukan rekayasa genetika tanaman mangga dari buku yang dibacanya, jelas Syarif Bando.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Woro Titi Haryanti mengatakan, pada 2019 yang lalu, Duta Baca Indonesia, sudah hadir dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan di Jakarta maupun di daerah sebanyak total 12 titik. Pada setiap kegiatan pun selalu dihadiri masyarakat.

Generasi Muda

Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab berbincang dengan Kimong pemilik bemo yang dijadikan perpustakaan di RTPRA Kalijodo, Jakarta, Selasa (2/5). (/Yoppy Renato)
Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab berbincang dengan Kimong pemilik bemo yang dijadikan perpustakaan di RTPRA Kalijodo, Jakarta, Selasa (2/5). (/Yoppy Renato)

Kehadiran Duta Baca Indonesia di setiap daerah merupakan bentuk nyata penyampaian inspirasi budaya membaca bagi masyarakat. Dengan banyaknya masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan Duta Baca Indonesia ini dapat diindikasikan sebagai besarnya perhatian masyarakat terhadap figur inspiratif yang merupakan salah satu representasi Perpustakaan Nasional.

Banyaknya masyarakat yang hadir, maka mereka akan yang tertular dengan virus-virus membaca yang ditularkan oleh Duta Baca Indonesia. Dengan begitu, indeks literasi dan kegemaran membaca dalam jangka panjang akan terus meningkat seiring dengan waktu dan kegiatan yang telah dilaksanakan, kata Woro.

Menurut Woro, selain kegiatan Duta Baca Indonesia di daerah, DBI juga telah melakukan langkah yang besar dengan berbagai instansi untuk membentuk Indonesia yang gemar membaca melalui berbagai sarana. Ia mengapresiasi promosi digital yang dilakukan Duta Baca Indonesia.

Pada 2019 lalu, Duta Baca Indonesia tidak pernah berhenti mempromosikan pembudayaan kegemaran membaca melalui sosial media. Dengan followers Facebook sekitar satu juta, subscriber YouTube empat juta dan dan followers Instagram sebanyak 8,3 juta. Hal tersebut sungguh menjadi peluang dan arah baru bagi pengembangan pembudayaan kegemaran membaca di Indonesia, khususnya melalui media digital, lanjut Woro.

Muhammad Syarif Bando menambahkan, pada 2020 ini, Perpustakaan Nasional RI terus berusaha lebih keras dalam membudayakan literasi informasi, termasuk di dalamnya adalah kegemaran membaca masyarakat Indonesia. Keterlibatan generasi muda juga menjadi tujuan utama untuk menjadikan perpustakaan sebagai rumah yang nyaman bagi mereka yang mau berubah.

Najwa Shihab mengaku senang, dengan kelanjutan kerjasama dirinya dengan Perpusnas ini tidak terasa sudah masuk tahun kelima. Tahun 2020 diharapkan dirinya dan Perpusnas bisa memaksimalkan kegiatan untuk menyasar generasi muda.

Insya Allah tahun ini kita akan banyak bergerak ke daerah dan menebarkan kecintaan generasi muda terhadap literasi, katanya.

Saat ini Duta Baca Indonesia kian melekat kepada dirinya, bahkan sekarang kata literasi sudah banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Ia sangat berkomitmen untuk membuat masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda lebih mencintai kegiatan membaca buku.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

katasapa.com

Menanti Duet Pogba dan Fernandes di Manchester United

katasapa.com

Conte Sebut Lautaro Martinez Tak Tergoda dengan Barcelona

katasapa.com

Christian Vieri: Inter Milan Jangan Lupakan Jasa Spalletti

katasapa.com

Pulih Cedera, Zidane Tak Mau Buru-Buru Mainkan Hazard

katasapa.com

Semifinal Piala Gubernur Jatim Tanpa Penonton, Finalnya Bagaimana?

katasapa.com

Resep Jitu Garuda Select Saat Hadapi Pemain Berpostur Besar

katasapa.com

Hasil Juventus vs Brescia: Gol ke-150 Paulo Dybala

katasapa.com

Hasil Aston Villa vs Tottenham: Rekor Son Harumkan Nama Asia

katasapa.com

Hasil Koeln vs Bayern Muenchen: Leipzig Cuma Numpang Lewat di Puncak

katasapa.com

Christian Eriksen Masih Harus Berjuang demi Tempat Utama

katasapa.com

Gol Indah Eks Pemain Manchester United Benamkan Klub Witan Sulaiman

katasapa.com

11 Gosip Transfer Hari Ini: Strategi Juve Pulangkan Pogba, Duo Manchester Siap-siap Ganti Nakhoda

katasapa.com

Mobil Wuling Terbakar Bermula dari AC, Padahal Masih Baru

katasapa.com

Sambut Hari Kasih Sayang, DAM Ajak Pengguna Honda BeAT Series Nonton Bareng dan Keliling Kota Bandung

katasapa.com

Giliran DPP PPP Berikan Rekomendasi ke Pasangan Adnan-Kio

katasapa.com

Taufan Pawe Tantang PGMI Berkontribusi Majukan Parepare

katasapa.com

Kapolres Parepare Tanggapi Dugaan Penipuan Modus Investasi

katasapa.com

Merangkul Pinggang Cewek Saat Siaran, Hotman Paris Show Disanksi KPI

katasapa.com

Pengakuan Para Korban Pelecehan Makin Banyak, Dedy Susanto Ajak Revina Bertarung di Pengadilan

katasapa.com

Syahrini Jadi Bulan-bulanan Gegara Dituding Sindir Luna Maya, Rio Motret Akhirnya Turun Tangan

katasapa.com

Pilwalkot Tangsel, Gerindra Sudah Bersiap: Putri KH Ma’ruf Amin Kami Nilai Paling Serius

katasapa.com

Puluhan Ribu Warga Ikuti Jalan Santai Hari Jadi Barru

katasapa.com

Chat Mesum Diumar Revina VT, Dedy Susanto: Sudah Kebangetan Fitnahnya

katasapa.com

Hotman Paris Tak Percaya Dua Gerakan di Video Ini yang Bikin Tayangannya Disemprot KPI

katasapa.com

Jamride, Transportasi Online Pertama di Penajam Pasar Utara

katasapa.com

Hasilkan Empat Rekomendasi, Pertemuan IIFP Resmi ke-4 Ditutup

katasapa.com

Kereta Api Belum Ada, Jembatan dan Terowongan Sudah Tersedia

katasapa.com

25 Prajurit TNI AU Selesaikan Misi di Natuna, Istri: Alhamdulillah

katasapa.com

Liverpool Akan Kunci Gelar Tercepat di Eropa, Liga Lain?

katasapa.com

Horee, Pemkot Madiun Buka 25 Kelas Pelatihan Keterampilan