Pembukaan Pesta Kesenian Bali, Presiden Jokowi Belanja di Pasar Sukawati

kataSAPA.com

Jakarta Presiden Joko Widodo mengerti benar cara mengangkat wisata sebuah daerah. Buktinya, sehari sebelum pembukaan Pesta Kesenian Bali Presiden sempat berbelanja di Pasar Sukawati. Potensi wisata belanja dan kuliner Pulau Dewata pun terangkat.

Pesta Kesenian Bali 2019 akan digelar 15 Juni hingga 13 Juli 2019.Tema yang diusung adalah Bayu Pramana. Event yang memasuki tahun pelaksanaan ke-41 menyajikan acara beragam. Ada l parade, lomba, hingga pagelaran. Ada juga workshop, pameran, dan sarasehan.

Rasanya belum ke Bali kalau tidak berbelanja di Pasar Sukawati. Datang ke sini harus berbelanja, kata Presiden Jokowi berpromosi, Jumat (14/6).

Presiden Jokowi datang ke Pasar Sukawati bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, sekitar pukul 08.15 WITA. Busana yang dikenakannya sangat khas. Kemeja putih dan celana hitam. Sedangkan Ibu Negara dilengkapi kombinasi syal cokelat muda. Dengan santai, keduanya lalu berjalan menuju lapak buah-buahan. Ada beragam buah segar yang dijual dan Jokowi pun memilihnya. Mana salak yang lokal khas Bali, tanya Jokowi kepada salah satu pedagang.

Selain salak, Jokowi lalu membeli semangka di lapak tersebut. Secara umum, Salak Bali sangat populer dan menjadi salah satu identitas produk Pulau Dewata. Buah segar tersebut bahkan selalu menjadi buah tangan kala berkunjung ke sana. Secara fisik, Salak Bali sangat khas. Daging buahnya tebal, warnanya putih kekuningan. Selain rasanya yang manis, teksturnya renyah dengan biji kecil.

Produk di sini bagus-bagus. Saya beberapa kali datang ke sini. Saya juga berkunjung ke pasar yang menjual berbagai kerajinan khas Bali, tegas Jokowi lagi.

Sembari menikmati Wiskulja, Jokowi dan Iriana pun tetap ramah menyapa warga. Bersalaman hingga sibuk melayani permintaan selfie. Sekitar 30 menit di Pasar Sukawati, Jokowi dan rombongan bergerak menuju ke Bangli. Jokowi pun berharap, Pasar Sukawati bisa berkembang menjadi modern. Hal ini pun diunjukan dari pola manajemen yang diterapkannya.

Pengembangan Pasar Sukawati diharapkan selesai secepatnya. Angarannya sudah disiapkan, terang Jokowi lagi. Demi menjadikan Pasar Sukawati sebagai destinasi wisata belanja dan kuliner, dana besar sudah disiapkan. Total revitalisasi Pasar Sukawati menghabiskan anggaran Rp92,9 Miliar. Sumber anggarannya ada Rp89 Miliar dari APBN, lalu Rp3,9 Miliar diambilkan dari APBD.

Dengan konsep baru, diharapkan pasar ini bisa menjelma sebagai destinasi yang bersih dan tertata. Para pengunjungnya akan nyaman.

Bali memiliki banyak spot menarik untuk menikmati kuliner dan belanja. Salah satunya Pasar Sukawati ini. Ada banyak sekali produk yang ditawarkan. Pengembangan pasar tentu sangat bagus. Kehadiran Presiden di sana tentu semakin menguatkan image positif destinasi ini. Branding Pasar Sukawati makin kuat dan itu positif, ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang juga Menpar Terbaik Asia Pasifik.

Pasar Sukawati banyak memberi manfaat bagi masyarakat. Total ada sekitar 1.700 pedagang yang menggantungkan hidupnya dari pasar tersebut.

Ketua Tim Pelaksana CoE Esthy Reko Astuty menjelaskan, Pasar Sukawati menjadi destinasi menarik di sepanjang event Pesta Kesenian Bali ke-41.

Bali memang luar biasa. Ada banyak atraksi yang ditawarkan di sana. Pengunjung Pesta Kesenian Bali bisa merasakan sisi unik dari Pasar Sukawati. Prodak yang ditawarkannya banyak, lalu harganya sangat ramah, papar Esthy.

Buat Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh Ricky Fauziyani, menilai Pasar Sukawati sangat tepat dijadikan destinasi belanja dan kuliner.

Pasar Sukawati memang salah satu pilihan Wiskulja yang ideal. Wisatawan bisa melihat warna budaya masyarakat Bali yang kental di sana. Kami yakin, jumlah pengunjung pasar ini akan semakin banyak. Apalagi, Pasar Sukawati dibranding langsung oleh Presiden Jokowi, tutur Ricky Fauziyani.

katasapa.com

Shahad Salman, Model Pengidap Vitiligo yang Jadi Cover Vogue Arab

katasapa.com

Lahir di GIIAS 2019, Ini Bocoran Mobil Baru Mitsubishi

katasapa.com

Klaim Penuhi Janji soal Reklamasi, Anies: Biarkan Sejarah yang Menulis

katasapa.com

Apartemen Sewa dengan Fasilitas Wifi Jadi Hunian Ideal bagi Milenial

katasapa.com

Minta Berkas 17,5 KTP Palsu Dihadirkan, Hakim: Saya Cari Buktinya Tidak Ada

katasapa.com

Tenda Arafah dan Mina akan Diberi Nomor untuk Permudah Jemaah Haji

katasapa.com

Ragukan Keterangan Saksi, Tim Hukum Jokowi Curiga Ada Koordinasi Antarsaksi

katasapa.com

Rumor Aktor Kim Min Suk Pacari Park Yoo Na, Agensi Buka Suara

katasapa.com

Aturan Insentif Pengurangan Pajak di Atas 100 Persen Segera Terbit

katasapa.com

FOTO: BKSDA Aceh Lepasliarkan Dua Orangutan Sitaan

katasapa.com

Inilah Daftar 17 Saksi Tim Hukum Prabowo-Sandi di Sidang MK

katasapa.com

Jadi Mualaf, Deddy Corbuzier Segera Lakukan Ini

katasapa.com

Acara Pengumuman Galaxy Note 10 Digelar 7 Agustus di AS

katasapa.com

Bidik Bek Prancis, MU Siap Korbankan Phil Jones

katasapa.com

Indonesia - Inggris Memperdalam 11 Bidang Kerja Sama, Ini Daftarnya

katasapa.com

Peran Penting Sepeda Motor Menyelamatkan Nyawa Manusia

katasapa.com

Persebaya vs Madura United: Bajul Ijo Bidik Kado Istimewa

katasapa.com

Banyuwangi Ditunjuk Kementerian Kominfo Gelar Rapat Evaluasi Smart City

katasapa.com

KAI Angkut 6,8 Juta Pemudik pada Masa Lebaran 2019

katasapa.com

Foto Bareng Sutradara The A Team, Iko Uwais Disanjung Eks Petarung UFC

katasapa.com

FOTO: Sidang Lanjutan MK, Jalan Merdeka Barat Kembali Dibuka Untuk Umum

katasapa.com

Kivlan Zen Merasa Difitnah, Polri: Hak Dia Bersikap Begitu

katasapa.com

10 Potret Suku Pedalaman yang Ada di Dunia Ini Bikin Takjub

katasapa.com

6 Kesaksian Agus di Sidang Sengketa Pilpres, Sosok Udung hingga Dokumen Siluman

katasapa.com

Kemenko Perekonomian Paparkan Rumitnya Terbitkan Izin Usaha di Indonesia

katasapa.com

Derby Inter vs AC Milan Berebut Stefano Sensi

katasapa.com

3 Jam Ikut Rakernas, Jokowi Tinggalkan Kantor DPP PDIP

katasapa.com

Kasus Piala Dunia Qatar: Michel Platini Dibebaskan Usai Interogasi

katasapa.com

Barcelona Mundur Ditolak Matthijs de Ligt

katasapa.com

Baju Bekas Pep Guardiola Ini Laku 107 Juta Rupiah